EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK ROLE PLAYING DAN STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN EMPATI PADA SISWA SMAN 5 MATARAM TAHUN 2016-2017


M. ZAINUDDIN, 0105515009 (2017) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK ROLE PLAYING DAN STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN EMPATI PADA SISWA SMAN 5 MATARAM TAHUN 2016-2017. Masters thesis, Pascasarjana.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (320kB) | Preview

Abstract

Empati merupakan kemampuan individu untuk merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain. Dengan adanya sikap empati yang tinggi akan membentuk kesadaran sosial tentang hak dan kewajiban yang dimiliki dalam bermasyarakat. Sehingga setiap individu akan selalu saling mendukung, saling menerima, dan mampu bekerjasama untuk mewujudkan kehidupan aman, damai serta harmonis. Namun apabila tingkat empati yang dimiliki individu rendah maka akan timbul sikap anti sosial yang tentunya berdampak perpecahan. Bimbingan kelompok dengan teknik role playing dan teknik storytelling akan membantu meningkatkan empati yang dimiliki individu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan bimbingan kelompok menggunakan teknik role playing dan storytelling untuk meningkatkan empati. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, desain Randomized Pretest-Postest Comparison Group, melibatkan subjek penelitian sebanyak 30 orang siswa yang dipilih secara randome dari siswa kelas X SMAN 5 Mataram. Hasil analisis dengan menggunakan One way ANAVA menunjukkan bahwa, Bimbingan kelompok mengunakan tekknik role playing dan teknik storytelling efektif dalam meningkatkan empati siswa (F=16.145; p<0.01). Dari hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa, bimbingan kelompok dengan teknik role playing dan teknik storytelling efektif untuk meningkatkan empati. Hasil penelitian ini diharapkan mampu dikembangkan kembali dengan karakteristik subjek penelitian yang lebih heterogen.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 20 Oct 2017 15:21
Last Modified: 20 Oct 2017 15:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26879

Actions (login required)

View Item View Item