KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN SOLUTION FOCUSED BRIEF THERAPY UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM DAN SELF DISCLOSURE SISWA SMA NEGERI 12 PEKANBARU


RIZKI AMALIA, 0105515019 (2017) KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN SOLUTION FOCUSED BRIEF THERAPY UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM DAN SELF DISCLOSURE SISWA SMA NEGERI 12 PEKANBARU. Masters thesis, Pascasarjana.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (793kB) | Preview

Abstract

Self esteem dan self disclosure sangat penting dalam pembentukan konsep diri pada siswa. Selain itu self esteem dan self disclosure berpengaruh dalam prestasi dan pergaulan siswa di sekolah, maka siswa harus mempunyai self esteem dan self disclosure yang tinggi. Fakta dilapangan masih terdapat siswa yang memiliki self esteem dan self disclosure rendah, untuk itu diperlukan upaya-upaya atau strategi-strategi untuk menangani siswa yang memiliki self esteem dan self disclosure rendah secara efektif. Dalam upaya untuk melakukan konseling yang memperhatikan konteks waktu dan aplikatif terutama di setting persekolahan maka salah satu pendekatan konseling yang akan digunakan adalah Solution-Focused Brief Therapy (SFBT). Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan layanan konseling kelompok dengan pendekatan solution focused brief therapy untuk meningkatkan self esteem dan self disclosure siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah repetead measure dengan desain pretest and multiple posttest design dengan sampel penelitian 14 orang yang dipilih secara purposive dari 136 orang siswa SMA Negeri 12 Pekanbaru. yang memiliki self esteem dan self disclosure rendah. Hasil analisis dengan menggunakan repeated measures menunjukkan bahwa konseling kelompok solution focused brief therapy efektif dalam meningkatkan self esteem (F(2.12)= 94.065);p<0.000) dan self disclosure (F(2.12)=61.778);p<0.000). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan pendekatan solution focused brief therapy untuk efektif untuk meningkatkan self esteem dan self disclosure siswa Hasil penelitian ini diharapkan mampu dikembangkan kembali dengan permasalahan yang berbeda dan efektif diterapkan di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 20 Oct 2017 15:16
Last Modified: 20 Oct 2017 15:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26878

Actions (login required)

View Item View Item