KEEFEKTIFAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK KOGNITIF RESTRUKTURING DAN TEKNIK DESENSITISASI SISTEMATIS UNTUK MEREDUKSI KECEMASAN AKADEMIK SISWA SMA NEGERI 9 PALEMBANG


Hartika Utami Fitri, 0105515046 (2017) KEEFEKTIFAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK KOGNITIF RESTRUKTURING DAN TEKNIK DESENSITISASI SISTEMATIS UNTUK MEREDUKSI KECEMASAN AKADEMIK SISWA SMA NEGERI 9 PALEMBANG. Masters thesis, Pascasarjana.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (333kB) | Preview

Abstract

Salah satu kecemasan yang sering terjadi di sekolah adalah kecemasan akademik. Kecemasan akademik merupakan suatu keadaan yang dialami oleh individu berupa ketakutan, kekhawatiran akan hal yang berhubungan dengan aktivitas akademik. Efek dari kecemasan akademik yang tinggi dapat memepengaruhi motivasi dan hasil prestasi yang rendah dan berprilaku yang tidak produktif. Konseling kelompok teknik restrukturing kognitif, membantu merestruktur kognitif untuk mereduksi kecemasan akademik, sedangkan teknik desensitisasi sistematis untuk merubah prilaku. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji keefektifan konseling kelompok teknik restrukturing kognitif dan teknik desensitisasi sistematis untuk mereduksi kecemasan akademik. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, desain randomized pretest-postest comparison group design dengan melibatkan siswa sebanyak 21 orang yang dipilih secara purposive random sampling dari 159 siswa kelas XI SMA Negeri 9 Palembang. Instrumen penelitian diadopsi dari sub skala Academic Achievment Quistionare. Hasil analisis dengan menggunakan uji one-way ANNOVA menunjukan bahwa ketiga teknik efektif untuk mereduksi kecemasan akademik sisa (F(2,17)=6,85, p<0,05). Hasil peneltian menunjukan bahwa konseling kelompok dengan kedua teknik tersebut efektif untuk mengurangi keemasan akademik siwa. Hal tersebut didasarkan atas pengaruh yang signifikan yang ditunjukan oleh setiap teknik yang diberikan. Selain itu perbandingan tingkat keefektifan kelompok menyatakan konseling kelompok teknik desensitisasi sistematis dan konseling kelompok yan terintegrasi lebih efektif dibadingkan teknik restrukturing kognitif untuk mereduksi kecemasan akademik siswa. Berdasarkan hasil penelitian, maka saran yang diberikan bagi praktisi (konselor) dalam menyelengarakan layanan konseling kelompok untuk dapat mengintegrasikan pada aspek kognitif dan prilaku sehingga mampu mengurangi kecemasan akademik siswa dari sisi kognitif dan prilaku. Selain itu, hasil penelitian ini diharapkan untuk dapat dikembangkan kembali dengan karakteristik subjek yang lebih.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 20 Oct 2017 15:08
Last Modified: 20 Oct 2017 15:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26877

Actions (login required)

View Item View Item