KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY DAN SELF ESTEEM SISWA KELAS X IPA DI SMAN 1 DARUSHOLAH BANYUWANGI


NILUH PUTU SETIANDA, 0105515024 (2017) KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY DAN SELF ESTEEM SISWA KELAS X IPA DI SMAN 1 DARUSHOLAH BANYUWANGI. Masters thesis, Pascasarjana.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Self efficacy dan self esteem merupakan salah satu faktor pendukung yang harus dikembangkan oleh seorang siswa agar pencapaian prestasinya optimal. Self efficacy dapat membentuk sikap percaya diri siswa untuk mampu mengaktualisasikan dirinya sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Self efficacy adalah hal penting bagi setiap individu terutama bagi seorang siswa untuk menghadapi suatu masalah yang dihadapi. Sikap percaya diri siswa dapat terbentuk juga oleh harga diri atau yang biasa disebut dengan self esteem yang tinggi. Self esteem dapat didefinisikan sebagai pernilaian (judgement) pribadi tentang worthiness (faedah/ kegunaan/ kepantasan) yang diekspresikan dalam bentuk sikap yang dimiliki individu terhadap dirinya sendiri. Harga diri dipandang sebagai salah satu aspek penting dalam pembentukan kepribadian seseorang. Rendahnya self efficacy dan self esteem individu tentunya akan berdampak negatif dalam setiap aspek kehidupannya. Konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring akan membantu merekonstruksi kognitif menjadi lebih positif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan layanan konseling kelompok dengan cognitive restructuring untuk meningkatkan self efficacy dan self esteem siswa. vi Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen menggunakan rancangan repetead measure dengan desain pretest and multiple posttest design. Sampel penelitian adalah 14 orang yang dipilih secara purposive dari 181 orang siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Darusholah Banyuwangi yang memiliki Self efficacy dan self esteem rendah. Hasil analisis menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring berdampak pada self efficacy (F=47.465 ; p<0,05) dan self esteem (F=46.024; p<0,05) pada siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Darusholah Banyuwangi. Hasil temuan dari dua kelompok yang diteliti, kelompok self efficacy lebih efektif ditingkatkan melalui cognitive restructuring dibandingkan kelompok self esteem, hal ini terlihat pada perbedaan signifikan pada hasil pretest, posttest 1 dan posttest 2 pada dua kelompok. Dari dua perbandingan keefektifan berdasarkan hasil nilai test of within-subjects effects maka dapat disimpulkan bahwa bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring lebih efektif untuk meningkatkan self efficacy dibandingkan untuk meningkatkan self esteem siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Darusholah Banyuwangi. Hasil uji keefektifan melalui analisis pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring menunjukkan bahwa intervensi ini cukup dapat diandalkan. Hal ini dibuktikan dengan adanya umpan balik dan kesan yang positif dari anggota kelompok mengenai keseluruhan treatment layanan konseling kelompok yang telah diadakan.vi Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen menggunakan rancangan repetead measure dengan desain pretest and multiple posttest design. Sampel penelitian adalah 14 orang yang dipilih secara purposive dari 181 orang siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Darusholah Banyuwangi yang memiliki Self efficacy dan self esteem rendah. Hasil analisis menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring berdampak pada self efficacy (F=47.465 ; p<0,05) dan self esteem (F=46.024; p<0,05) pada siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Darusholah Banyuwangi. Hasil temuan dari dua kelompok yang diteliti, kelompok self efficacy lebih efektif ditingkatkan melalui cognitive restructuring dibandingkan kelompok self esteem, hal ini terlihat pada perbedaan signifikan pada hasil pretest, posttest 1 dan posttest 2 pada dua kelompok. Dari dua perbandingan keefektifan berdasarkan hasil nilai test of within-subjects effects maka dapat disimpulkan bahwa bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring lebih efektif untuk meningkatkan self efficacy dibandingkan untuk meningkatkan self esteem siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Darusholah Banyuwangi. Hasil uji keefektifan melalui analisis pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring menunjukkan bahwa intervensi ini cukup dapat diandalkan. Hal ini dibuktikan dengan adanya umpan balik dan kesan yang positif dari anggota kelompok mengenai keseluruhan treatment layanan konseling kelompok yang telah diadakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 20 Oct 2017 14:33
Last Modified: 20 Oct 2017 14:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26876

Actions (login required)

View Item View Item