KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN EMPATI DAN SELF EFFICACY PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING FIP UNNES ANGKATAN 2016-2017


ERNI JOHAN, 0105515048 (2017) KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN EMPATI DAN SELF EFFICACY PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING FIP UNNES ANGKATAN 2016-2017. Masters thesis, Pascasarjana.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (221kB) | Preview

Abstract

Memiliki kemampuan empati menjadikan mahasiswa lebih dapat melihat dirinya sendiri, lebih menyadari dan memperhatikan peran dan sudut pandang orang lain mengenai suatu masalah. Terbentuknya hubungan sosial berkualitas yang tercipta dari kemampuan mengambil perspektif, memungkinkan individu untuk berkreasi dan mengembangkan pengakuan eksistensi dan pemahaman diri secara sehat. Keyakinan diri yang tinggi menjadikan mahasiswa memiliki kepercayaan diri terhadap kemampuannya untuk mengatur dan melaksanakan suatu tindakan dalam rangka mencapai suatu tujuan yang diharapkan, sehingga dapat menyelesaikan tugas-tugas dan tuntutan sesuai harapan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui kondisi empati dan self-efficacy mahasiswa bimbingan dan konseling FIP UNNES; (2) mengetahui bimbingan kelompok dengan teknik modeling efektif untuk meningkatkan empati dan self-efficacy mahasiswa bimbingan dan konseling FIP UNNES; (3) Seberapa besar tingkat perbedaan keefektifan bimbingan kelompok dengan menggunakan tehnik modeling dalam meningkatkan empati dan self-efficacy pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling FIP UNNES. Metode penelitian adalah single group repeated measures design yang dilaksanakan dengan 3 kali observasi, yakni pretest, postest1 dan postest2. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 76 mahasiswa pada rombel 1-2 dan subyek penelitian terpilih 14 orang mahasiswa yang memiliki empati dan self-efficacy yang rendah dijadikan kelompok eksperimen dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil uji menunjukkan bahwa (1) rata-rata kondisi empati dan self-efficacy mahasiswa angkatan 2016/2017 berada pada tingkat sedang, (2) berdasarkan hasil uji Repeated Measures ANOVA diketahui bahwa terdapat peningkatan empati dan self-efficacy secara signifikan aspek empati (F (2,12) = 118.272, p < 0.01) dan self-efficacy (F (2,12) = 57.132, p < 0.01). Penelitian yang dilakukan menegaskan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik modeling efektif untuk meningkatkan empati dan self-efficacy mahasiswa. Dari penelitian ini, konselor pada program studi bimbingan dan konseling diharapkan dapat mengkaji lebih lanjut berbagai studi mengenai empati dan self-efficacy dalam bimbingan kelompok teknik modeling sehingga makin menambah khasanah keilmuan teoritis maupun praktis dibidang bimbingan dan konseling.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 20 Oct 2017 13:41
Last Modified: 20 Oct 2017 13:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26872

Actions (login required)

View Item View Item