KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOURAL THERAPY (CBT) DENGAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING DAN SELF INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN BODY IMAGE PADA MAHASISWI FIP IKIP MATARAM


ELIS SULISTIYA, 0105515013 (2017) KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOURAL THERAPY (CBT) DENGAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING DAN SELF INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN BODY IMAGE PADA MAHASISWI FIP IKIP MATARAM. Masters thesis, Pascasarjana.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (739kB) | Preview

Abstract

Body image adalah komponen yang penting karena dapat mengakibatkan gangguan pada banyak hal, seperti rendahnya self-esteem, gangguan pola makan (disordered eating), diet yang tidak sehat, depresi, dan juga anxiety. Body image sejak lama menjadi perhatian yang cukup kuat bagi perempuan, karena ketika individu memandang negatif terhadap penampilannya, maka akan mempengaruhi perilakunya. Salah satu pendekatan yang menekankan asumsi bahwa cara manusia merasa dan berperilaku ditentukan oleh bagaimana mereka memandang dan menstruktur pengalaman adalah pendekatan cognitive behavior therapy.Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan konseling kelompok cognitive behavior therapy dengan teknik cognitive restructuring dan self instruction untuk meningkatkan body image mahasiswi. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, desain pretest and multiple posttest design dengan melibatkan subjek penelitian sebanyak 12 mahasiswi yang dipilih secara purposive dari 60 mahasiswi FIP IKIP Mataram. Penelitian ini menggunakan Skala Body Image dari Cash dengan tingkat reliabilitas koefisien Alpha Cronbach 0,750. Hasil analisis menggunakan Repetead measure Anova (N=12) menunjukkan bahwa, konseling kelompok cognitive behavior therapy dengan teknik cognitive restructuring dan self instruction efektif untuk meningkatkan body image mahasiswi diketahui F= (2,10) = 21,759, p<0.05 pada teknik cognitive restructuring, sedangkan F= (2,10) = 21,419, p<0.05 pada teknik Self Instruction. Selain itu, juga ditemukan hasil bahwa terdapat tingkat keefektifan pada level yang sama antara teknik cognitive restructuring dan self instruction untuk meningkatkan body image. Berdasarkan hasil yang didapatkan, maka saran yang diberikan bagi praktisi (konselor) dalam penyelenggaraan layanan bukan hanya menitik beratkan pada aspek kognitif dan afektif, tetapi bisa menitikberatkan pada aspek perilaku, sehingga mampu meningkatkan body image. Selain itu, hasil penelitian ini diharapkan untuk dapat dikembangkan kembali dengan karakteristik subjek penelitian yang lebih beragam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 20 Oct 2017 13:37
Last Modified: 20 Oct 2017 13:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26871

Actions (login required)

View Item View Item