PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AFEKTIF ( ATTITUDE TOWARD CHEMISTRY ) DENGAN TEKNIK PEER DAN SELF ASSESSMENT SISWA SMA NEGERI 2 SALATIGA


Astri Atina A’izzah , 4301412105 (2016) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AFEKTIF ( ATTITUDE TOWARD CHEMISTRY ) DENGAN TEKNIK PEER DAN SELF ASSESSMENT SISWA SMA NEGERI 2 SALATIGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301412105.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen penilaian afektif (attitude toward chemistry) dengan teknik peer dan self assessment yang layak digunakan dan efektif untuk mengukur sikap siswa terhadap pembelajaran kimia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang mengadopsi pada penelitian pengembangan model 4-D Four-D yang langkah-langkah pengembangannnya mengacu pada langkah pengembangan instrumen penilaian afektif Mardapi. Uji validitas instrumen menggunakan validasi isi yang dilakukan oleh ahli instrumen. Analisis reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha cronbach. Hasil validasi dari validator menyatakan instrumen layak digunakan untuk mengukur sikap siswa terhadap pembelajaran kimia. Hasil analisis reliabilitas Instrumen penilaian afektif (attitude toward chemistry) untuk mengukur sikap siswa terhadap pembelajaran kimia pada kegiatan pembelajaran, kegiatan praktikum, dan kehidupan sosial secara berturut mempunyai nilai reliabilitas 0,728; 0,749; 0,768 pada saat dilakukan uji coba skala besar. Nilai reliabilitas instrumen penilaian afektif (attitude toward chemistry) pada kelas implementasi untuk kegiatan pembelajaran, kegiatan praktikum dan kehidupan sosial secara berturut-turut adalah 0,708; 0,73; 0,78. Hasil analisis keefektifan instrumen penilaian, secara klasikal lebih dari 75% siswa masuk dalam kategori sikap baik. Persentase ketuntasan tiap aspek juga lebih dari 75%. Berdasarkan hasil validasi, analisis reliabilitas dan keefektifan dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian afektif yang dikembangkan layak, baik dan efektif digunakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Attitude toward chemistry, Instrumen penilaian Afektif, Self dan Peer Assessment.
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 20 Oct 2017 13:33
Last Modified: 20 Oct 2017 13:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26870

Actions (login required)

View Item View Item