PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS MATERI KOLOID TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA


Pungki Bagaskoro , 4301412102 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS MATERI KOLOID TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301412102.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid. Model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments merupakan model pembelajaran yang dilakukan menggunakan permainan dan turnamen akademik dimana para siswa berlomba antar tim. Desain yang digunakan yaitu postest control group. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data adalah tes, observasi, dokumentasi, dan angket. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan metode statistik inferensial. Secara kuantitatif, data hasil penelitian dihitung pengaruhnya dengan rumus koefisien korelasi biserial dan koefisien determinasi. Hasil analisis data tersebut menunjukan bahwa pengaruh hasil belajar pengetahuan sebesar 19,58% dengan nilai rpbis sebesar 0,4425 termasuk kriteria sedang. Hasil uji t-test pada hasil belajar pengetahuan diperoleh harga thitung sebesar 2,84 lebih dari 2,00 dengan taraf signifikansi 5%. Hal ini menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada siswa kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments pada materi koloid berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif; Teams Games Tournaments; Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 20 Oct 2017 13:23
Last Modified: 20 Oct 2017 13:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26869

Actions (login required)

View Item View Item