PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNJUK KERJA PADA PRESENTASI TUGAS DENGAN TEKNIK PEER ASSESSMENT SISWA KELAS X SMA N 1 PURBALINGGA


Rizkika Sasi Sauma , 4301412101 (2016) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNJUK KERJA PADA PRESENTASI TUGAS DENGAN TEKNIK PEER ASSESSMENT SISWA KELAS X SMA N 1 PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301412101.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi kelas dan wawancara dengan guru yang dilakukan di SMA Negeri 1 Purbalingga menunjukkan bahwa proses pembelajaran dan penilaian yang dilakukan kurang sesuai dengan tuntutan kurikulum yang diterapkan, yaitu kurikulum 2013. Aspek psikomotor yang dinilai di SMA ini masih bertumpu pada proses praktikum, dan penilaian yang dilakukan masih terpusat oleh guru. Peraturan yang mengatur tentang penilaian hasil belajar, selain praktikum guru juga dapat memberikan tugas unjuk kerja untuk mendapatkan nilai psikomotor. Penilaian yang dilakukan juga masih berpusat pada guru, sehingga perlu diajarkan teknik penilaian peer assessment agar siswa mengetahui dari mana asal nilai mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah instrumen penilaian unjuk kerja pada presentasi tugas dengan teknik peer assessment yang valid dan reliabel sehingga dapat digunakan oleh guru untuk mendapatkan penilaian pada aspek psikomotor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan Djemari Mardhapi yang merupakan pengembangan dari metode penelitian Gronlund. Instrumen penelitian yang dikembangkan diuji keefektifannya sebagai produk pengembangan. Keefektifan produk pengembangan diketahui dari ketuntasan klasikal hasil belajar siswa yaitu dari aspek psikomotor. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan klasikal pada aspek psikomotorik siswa saat implementasi instrumen penilaian adalah sebesar 92,7%, sebagai dampak positif lain ketuntasan klasikal aspek kognitif kelas X MIPA 2 dan X MIPA 5 secara berturut-turut sebesar 84,2% dan 89,4% serta ketuntasan klasikal aspek afektif adalah sebesar 93,4%. Hasil validasi dari tiga validator menunjukkan instrumen penilaian yang dikembangkan ini masuk dalam kriteria valid. Hasil reliabilitas instrumen penilaian yang pertama adalah 0.983, reliabilitas kedua adalah 0.701 dan reliabilitas ketiga adalah 0.855. Hal ini menunjukkan bahwa instrumen penilaian unjuk kerja yang dikembangkan layak dan efektif digunakan sebagai alat penilaian dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Instrumen penilaian, presentasi tugas, peer assessment, unjuk kerja.
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 20 Oct 2017 13:17
Last Modified: 20 Oct 2017 13:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26867

Actions (login required)

View Item View Item