KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTHETIC (VAK) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA


Mita Megah Kurnia Putri , 4301412100 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTHETIC (VAK) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301412100.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa yang secara klasikal belum mencapai kriteria ketuntasan minimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran visualization, auditory, kinesthetic (VAK) terhadap aktivitas dan hasil belajar kimia siswa. Model VAK dipilih karena mampu menjangkau setiap gaya pembelajaran. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, terpilih kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas IPA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji kesamaan dua varians, uji perbedaan rata-rata, dan uji ketuntasan belajar klasikal. Hasil uji t-test memperlihatkan posttest adalah 3,84 dan aktivitas adalah 3,94 lebih besar dari yaitu 1,70. Hasil uji ketuntasan belajar diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal untuk kelas eksperimen sebesar 87,50 % dan kelas kontrol sebesar 76,67 %. Hasil observasi aspek afektif menunjukkan bahwa rerata nilai afektif kelas eksperimen sebesar 82,65 dan kelas kontrol sebesar 77,66. Rerata nilai psikomotorik kelas eksperimen sebesar 83,01 dan kelas kontrol sebesar 77,51. Rerata nilai aktivitas belajar kelas eksperimen sebesar 84,71 dan kelas kontrol sebesar 78,56. Hasil analisis angket tanggapan siswa terhadap pembelajaran menunjukkan bahwa secara umum, sebagian besar siswa merasa tertarik dan senang dengan diterapkannya model VAK pada materi hidrolisis garam. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran visualization, auditory, kinesthetic (VAK) efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 8 Semarang pada materi hidrolisis garam.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas; Hasil Belajar; Model Pembelajaran VAK
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 18:39
Last Modified: 19 Oct 2017 18:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26866

Actions (login required)

View Item View Item