PENGARUH COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMAN 1 AMBARAWA


Gracia Desy Andini , 4301412096 (2016) PENGARUH COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMAN 1 AMBARAWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301412096.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cooperative learning tipe group investigation terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Desain yang digunakan yaitu pretest postest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Ambarawa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, terpilih kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Setelah dilakukan uji normalitas, homogenitas, dan anava 1 jalur populasi memiliki kemampuan awal sama. Metode pengumpulan data adalah dokumentasi, tes, observasi, dan angket. Analisis tahap akhir meliputi uji normalitas, uji kesamaan dua varian, uji perbedaan rerata, uji ketuntasan belajar, dan analisis hasil angket tanggapan. Hasil uji t-test memperlihatkan hasil belajar adalah 3,61 dan aktivitas adalah 2,87 lebih besar dari yaitu 1,66. Hal ini berarti rerata hasil belajar dan aktivitas siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Uji hipotesis menggunakan analisis pengaruh antar variabel dan koefisien determinasi. Analisis pengaruh terhadap aktivitas diperoleh rb 0,48 dengan kontribusi 23,04% dan analisis pengaruh terhadap hasil belajar diperoleh rb 0,46 dengan kontribusi 21,12%. Jadi, cooperative learning tipe group investigation berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Ambarawa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas; Group Investigation; Hasil Belajar
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 18:05
Last Modified: 19 Oct 2017 18:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26864

Actions (login required)

View Item View Item