PENGARUH PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK PADA MATERI HIDROLISIS GARAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 2 KENDAL


Eka Siswanti , 4301412093 (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK PADA MATERI HIDROLISIS GARAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 2 KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301412093.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Perwujudan proses pembelajaran yang baik tentunya disertai kendala atau masalah, seperti proses pembelajaran yang masih terpusat pada guru. Perlu adanya upaya untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu dengan adanya variasi proses pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif yaitu pembelajaran Investigasi Kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dan besarnya pengaruh pembelajaran Investigasi Kelompok pada materi hidrolisis garam terhadap hasil belajar siswa. Lokasi Penelitian adalah di SMA Negeri 2 Kendal pada bulan Maret sampai April tahun 2016. Desain penelitian ini adalah pretest-postest control group design. Populasi penelitian ini adalah kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kendal yang berjumlah 4 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran ceramah dan praktikum, kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan pembelajaran Investigasi Kelompok. Pengambilan data dilakukan dengan metode tes, observasi, angket, dan dokumentasi. Data hasil belajar yang dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk pilihan ganda dan dianalisis menggunakan statistik parametrik. Uji hipotesis menggunakan koefisien korelasi biserial (rb) untuk menganalisis pengaruh antar variabel dan koefisien determinasi (KD) untuk mengetahui besarnya pengaruh yang dihitung dari nilai Post-Test. Hasl uji diperoleh rb sebesar 0,30 dan KD sebesar 9 %. Hasil analisis data menunjukan pembelajaran Investigasi Kelompok memberikan kontribusi terhadap hasil pembelajaran sebesar 9 %. Hal ini berarti terdapat pengaruh pembelajaran Investigasi Kelompok terhadap hasil belajar siswa yang temasuk dalam kategori rendah. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Investigasi Kelompok berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 2 Kendal pada materi hidrolisis garam.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Investigasi Kelompok; Model Pembelajaran
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 17:45
Last Modified: 19 Oct 2017 17:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26862

Actions (login required)

View Item View Item