PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK SISWA KELAS XI MA


M. Lutfil Hakim , 4301412091 (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK SISWA KELAS XI MA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301412091.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran adalah salah satu unsur penting dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi di MAN 1 Semarang belum cukup banyak memiliki variasi media pembelajaran yang sesuai dengan karakter siswa. POGIL adalah model pembelajaran yang didesain dengan kelompok kecil yang berinteraksi dengan guru sebagai fasilitator dan dapat merangsang siswa untuk memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Penelitian research and development (R&D) ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang layak, efektif, serta mendapat tanggapan positif dari siswa. Pengembangan dilakukan dengan metode 4D yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, angket tanggapan, lembar observasi, soal tes kognitif, dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil validasi produk pengembangan media pembelajaran untuk aspek materi, aspek kebahasaan, aspek rekayasa perangkat lunak dan aspek tampilan audio visual berturut-turut mendapat rerata skor 90,38; 87,5; 90,27; dan 88,54. Respon positif ditunjukkan siswa terhadap media pembelajaran dengan 58 siswa menyatakan media pembelajaran sangat baik dan 12 siswa menyatakan media pembelajaran baik. Keefektifan media pembelajaran ditinjau dari ketuntasan hasil evaluasi pembelajaran sebesar 81,57 % untuk MAN 1 Semarang, sedangkan ketuntasan klasikal MA Al Asror Semarang sebesar 75 %. Berdasarkan data yang telah dihimpun dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran valid, layak, mendapat respon positif akan tetapi belum efektif,.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran; POGIL; dan R&D.
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 17:23
Last Modified: 19 Oct 2017 17:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26861

Actions (login required)

View Item View Item