MINIMALISASI MISKONSEPSI SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM KELOMPOK KOOPERATIF PADA PEMBELAJARAN KIMIA SMA


Mesi Widiastuti , 4301412085 (2016) MINIMALISASI MISKONSEPSI SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM KELOMPOK KOOPERATIF PADA PEMBELAJARAN KIMIA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301412085.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berbagai penelitian terkait miskonsepsi siswa pada materi stoikiometri menyebutkan bahwa miskonsepsi siswa pada materi ini tergolong tinggi. Minimalisasi atau upaya untuk menurunkan derajat miskonsepsi siswa dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam kelompok kooperatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meminimalkan miskonsepsi dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam kelompok kooperatif pada pembelajaran materi stoikiometri di SMA. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuasi eksperimen dengan desain Pre-test and Posttest Group Design. Instrumen tes diagnostik yang digunakan adalah Three Tier Test. Analisis penurunan derajat miskonsepsi siswa dilakukan pada data hasil pretest dan post-test, meliputi uji perbedaan dua rata-rata, analisis penurunan derajat miskonsepsi tiap siswa dan analisis penurunan derajat miskonsepsi tiap butir soal. Hasil analisis data menunjukkan, hasil uji perbedaan dua rata-rata dengan uji t diperoleh harga thitung (6,75) > t(0,95)(34)(0,24) maka terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata jawaban kategori miskonsepsi siswa hasil pre-test dengan hasil post-test, hasil analisis penurunan derajat miskonsepsi tiap siswa yaitu 85,71% siswa mengalami penuruanan derajat miskonsepsi, dan analisis penurunan derajat miskonsepsi tiap butir soal diperoleh hasil bahwa terjadi penurunan siswa miskonsepsi pada seluruh butir soal dengan rentang persentase penurunan sebesar 38,46% sampai dengan 100%. Simpulan penelitian ini adalah pemberian model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam kelompok kooperatif dapat meminimalkan miskonsepsi siswa pada materi stoikiometri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Inkuiri terbimbing dalam kelompok kooperatif, minimalisasi, miskonsepsi, Three Tier Test
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 17:04
Last Modified: 19 Oct 2017 17:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26858

Actions (login required)

View Item View Item