PENGEMBANGAN BAHAN AJAR CHEMISTRY MAGAZINE BERSTRATEGI PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN


Fajar Adi Nugroho , 4301412081 (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR CHEMISTRY MAGAZINE BERSTRATEGI PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301412081.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Bahan Ajar yang baik merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan pelaksanaan pendidikan. Inovasi bahan ajar mutlak diperlukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Bahan Ajar Chemistry Magazine berstrategi Problem Based Learning dengan Pendekatan Kontekstual yang valid, layak dan efektif serta mendapat respon baik dari peserta didik. Rumusan masalah yaitu apakah Chemistry Magazine valid, layak dan efektif untuk pembelajaran serta bagaimana respon peserta didik terhadap penggunaan Chemistry Magazine. Metode penelitian menggunakan Research and Development model 4D yang direduksi menjadi 3D. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi ahli materi dan ahli media, soal pre-test dan soal post-test, lembar observasi penilaian afektif dan psikomotor serta angket respon. Validitas isi mendapatkan nilai 83,93 dengan kriteria valid dan menunjukan bahwa Chemistry Magazine memiliki kesesuaian dengan strategi Problem Based Learning, kesesuaian dengan pendekatan Kontekstual dan materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Validitas pada aspek media mendapatkan nilai 90,45 dengan kriteria sangat valid dan menunjukkan bahwa Chemistry Magazine telah disusun sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakter peserta didik yang dapat mendorong peserta didik untuk aktif menggali pengetahuan, bekerjasama dan melakukan pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Hasil analisis respon menunjukan bahwa Chemistry Magazine mendapatkan respon baik. Implementasi Chemistry Magazine dilakukan pada 32 peserta didik kelas XI IPA 3 SMA N 14 Semarang dengan desain penelitian pre-test and post-test design. Hasil analisis implementasi Chemistry Magazine menunjukan ketuntasan klasikal kelas mencapai 78,13%, dan terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan ditunjukan dengan hasil uji N-Gain sebesar 0,71 dengan kriteria tinggi. Perolehan skor pada setiap aspek penilian afektif, psikomotor mendapatkan skor dengan kriteria baik. Hal ini menunjukan Chemistry Magazine efektif digunakan dalam pembelajaran materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan berupa Chemistry Magazine berstrategi Problem Based Learning dengan Pendekatan Kontekstual mempunyai validitas dengan kriteria valid dan mendapat respon baik dari peserta didik serta efektif digunakan dalam pembelajaran kimia materi kelarutan dan hasil kali kelarutan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Chemistry Magazine, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan, N-Gain, Pendekatan Kontesktual , Strategi Problem Based Learning.
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 16:54
Last Modified: 19 Oct 2017 16:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26856

Actions (login required)

View Item View Item