PENGEMBANGAN CHEMISTRY ADVENTURE SHEETS BERORIENTASI CHEMOENTREPRENEURSHIP TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN KIMIA MA KELAS X


Singgih Ade Triawan , 4301412079 (2016) PENGEMBANGAN CHEMISTRY ADVENTURE SHEETS BERORIENTASI CHEMOENTREPRENEURSHIP TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN KIMIA MA KELAS X. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301412079.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah penggunaan lembar kerja siswa (LKS) yang belum membantu pelaksanaan kurikulum 2013 secara optimal dalam proses pembelajaran. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini mengembangkan LKS yang mampu membantu pelaksanaan kurikulum 2013 dalam pembelajaran Kimia yaitu Chemistry Adventure Sheets (CAS) berorientasi Chemo-Entrepreneurship (CEP) terintegrasi pendidikan karakter. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan CAS yang telah disusun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R n D dengan model pengembangan yang dimodifikasi dari 4-D menurut Thiagarajan dan Semmel terdiri dari Pendefinisian ( Define ), Perancangan ( Design ), dan Pengembangan ( Develop ). Hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu: (1) CAS “sangat layak” digunakan berdasarkan hasil penilaian pakar yang meliputi aspek bahan ajar, aspek desain, aspek materi, aspek bahasa,aspek karakter religius, dan aspek CEP dengan rata-rata kontingensi kesepakatan pakar berkategori sangat bagus. (2) CAS “efektif” digunakan dalam pembelajaran Kimia dengan pencapaian ketuntasan klasikal 78,57 % untuk aspek kognitif, ketuntasan klasikal 100 % untuk aspek psikomotorik, rata-rata skor aspek afektif adalah 70,61 dengan kriteria “membudaya”, rata-rata skor minat berwirausaha 101,07 dengan kriteria “tinggi”, tanggapan guru “sangat efektif” dengan skor 50, dan tanggapan siswa “sangat efektif” dengan skor 43,61. Sehingga CAS yang telah disusun layak dan efektif untuk digunakan pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Chemistry Adventure Sheets; Chemo-Entrepreneurship; Kurikulum 2013; Pendidikan Karakter.
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 16:51
Last Modified: 19 Oct 2017 16:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26855

Actions (login required)

View Item View Item