PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SMART AND INTERACTIVE FLASH DENGAN ROLE PLAY GAME (SMATIF RPG) BERPENDEKATAN SETS PADA MATERI HIDROLISIS


Rifka Widiarti , 4301412077 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SMART AND INTERACTIVE FLASH DENGAN ROLE PLAY GAME (SMATIF RPG) BERPENDEKATAN SETS PADA MATERI HIDROLISIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301412077.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengembangkan media pembelajaran Smatif RPG, mengukur kelayakan dan menguji keefektifan media pembelajaran. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode research and development (R&D) model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Media yang telah dibuat kemudian dinilai kelayakannya oleh dosen ahli materi, dosen ahli media dan siswa SMA kelas XI Mia untuk mendapatkan saran perbaikan. Berdasarkan hasil uji coba, dilakukan revisi pada media sampai dihasilkan produk yang layak dijadikan sebagai media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kriteria multimedia interaktif “Smatif RPG” yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian ahli media adalah sangat layak (29,5) dan ahli materi menilai layak (76). Sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif, yaitu baik pada uji coba skala kecil (37,8) dan sangat baik pada uji skala besar (71,7). Namun hasil uji keefektifan media menggunakan posttest memperoleh ketuntasan klasikal 79% dengan proporsi siswa yang tuntas adalah 22 dari 28 siswa. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Smatif RPG belum efektif. Oleh karena itu, media pembelajaran ini layak digunakan namun belum efektif sebagai sumber belajar kelas XI SMA/MA. Adapun pendapat siswa tentang media diantaranya mereka menjadi lebih senang belajar kimia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran; pendekatan SETS; role play game; smart and interactive flash.
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 16:48
Last Modified: 19 Oct 2017 16:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26854

Actions (login required)

View Item View Item