PENGARUH PERFORMANCE ASSESMENT BERBASIS PEER AND SELF ASSESMENT TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN KETERAMPILAN LABORATORIUM


Siti Mari’ah , 4301412074 (2016) PENGARUH PERFORMANCE ASSESMENT BERBASIS PEER AND SELF ASSESMENT TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN KETERAMPILAN LABORATORIUM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301412074.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penilaian terhadap siswa dominan pada penilaian kognitif, sedangkan penilaian afektif dan psikomotorik kurang optimal. Guru merasa kesulitan menilai siswa selama pembelajaran maupun saat praktikum. Kondisi tersebut menyebabkan siswa kurang sungguh-sungguh dalam mengikuti pembelajaran maupun praktikum, sebab aktivitas dan keterampilan laboratorium siswa kurang diperhitungkan. Kondisi tersebut jika berlangsung terus-menerus menyebabkan aktivitas belajar siswa dan keterampilan laboratorium menjadi semakin rendah. Oleh sebab itu diperlukan stimulan untuk membuat aktivitas belajar siswa dan keterampilan laboratorium semakin bagus. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh performance assessment berbasis peer and self assessment terhadap aktivitas belajar siswa dan keterampilan laboratorium. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan membandingkan dua kelas sampel, salah satu sampel diberi perlakuan. Sampel diperoleh berdasarkan teknik cluster random sampling. Metode pengambilan data menggunakan lembar observasi pada pengamatan aktivitas belajar dan keterampilan, serta metode tes untuk mengetahui hasil belajar kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model penilaian tersebut mampu memberikan pengaruh positif dibuktikan dengan hasil aktivitas belajar dan keterampilan laboratorium pada kelas eksperimen lebih tinggi untuk tiap-tiap aspek dibandingkan pada kelas kontrol, selain itu perlakuan tersebut juga mengakibatkan hasil belajar kognitif kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol dibuktikan dengan uji t diperoleh t hitung 8.39 > t tabel 1.68. vii

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar; keterampilan laboratorium; performance assessment.
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 16:37
Last Modified: 19 Oct 2017 16:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26852

Actions (login required)

View Item View Item