MANAJEMEN PEMBINAAN DAN PENGELOLAAN BIDANG PERWASITAN PENGURUS PROVINSI (PENGPROV) PERSATUAN BOLABASKET SELURUH INDONESIA (PERBASI) JAWA TENGAH TAHUN 2015


RAHMAT HIDAYAT , 6101411094 (2016) MANAJEMEN PEMBINAAN DAN PENGELOLAAN BIDANG PERWASITAN PENGURUS PROVINSI (PENGPROV) PERSATUAN BOLABASKET SELURUH INDONESIA (PERBASI) JAWA TENGAH TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101411094.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Bolabasket adalah olahraga yang berkembang pesat, hal ini dapat dibuktikan dengan adanya kegiatan bolabasket di Jawa Tengah. Untuk membangun kegiatan-kegiatan, baik kegiatan untuk peningkatan kualitas sumberdaya manusia bolabasket di Jawa Tengah yang berupa penataran, pelatihan maupun kejuaraan-kejuaraan guna prestasi bolabasket di Jawa Tengah, maka perlu ada sinergi antara Pengprov PERBASI Jawa Tengah, pelatih, wasit, atlet, dan juga sangat penting untuk memperhatikan kualitas wasit yang ada. Kualitas dapat diperoleh dengan adanya pembinaan dan pengelolaan organisasi perwasitan di Pengprov PERBASI Jawa Tengah. Dari latar belakang tersebut, maka fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah manajemen pembinaan dan pengelolaan perwasitan Pengprov PERBASI Jawa Tengah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pembinaan dan pengelolaan perwasitan Pengprov PERBASI Jawa Tengah tahun 2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sasaran obyek dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer diambil dari Ketua Bidang Sumber Daya Manusia, Sub Bidang Perwasitan, dan wasit bolabasket. Data Sekunder diambil dari pengurus Pengprov PERBASI Jawa Tengah dan pelatih bolabasket. Sumber data diambil dari pengurus Pengprov, wasit, dan pelatih bolabasket. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data yang digunakan dalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (Sugiyono, 2010:245). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) perencanaan program untuk wasit dari bidang perwasitan belum tersosialisasi secara menyeluruh kepada wasit; 2) pengorganisasian sudah berjalan dengan baik hal ini terbukti dengan ada kerjasama antara bidang SDM, komisi perwasitan, dan koordinator wasit di lapangan; 3) proses pengarahan sudah berjalan dengan baik mulai dari ketua umum hingga koordinator wasit; 4) pengawasan sudah berjalan dengan baik, hal ini terbukti dengan adanya sinergi antara setiap bidang umumnya dan perwasitan pada khususnya. Simpulan pada penelitian ini adalah manajemen pembinaan dan pengelolaan perwasitan pada Pengprov PERBASI Jawa tengah belum berjalan secara maksimal. Sehingga saran yang dapat disampaikan adalah pada perencanaan bidang SDM harus melakukan sosialisasi program kerja kepada wasit untuk menunjang kualitas wasit. Pemerataan kejuaraan di seluruh Jawa Tengah perlu ditingkatkan sehingga tidak ada perbedaan kualitas wasit di daerah dan kota besar. Harus ada koordinasi antara pelatih, wasit, atlet dan juga evaluasi secara rutin sehingga wasit memahami kekurangannya sehingga kedepannya akan tercipta wasit yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pembinaan dan Pengelolaan Perwasitan, Bolabasket
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 16:10
Last Modified: 19 Oct 2017 16:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26850

Actions (login required)

View Item View Item