PENGEMBANGAN BAK PENDARATAN LOMPAT JAUH DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 AJIBARANG


Probo Winasis , 6101411080 (2016) PENGEMBANGAN BAK PENDARATAN LOMPAT JAUH DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 AJIBARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101411080.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah terkendalanya proses pembelajaran lompat jauh yang disebabkan sekolah tidak memiliki bak pasir karena keterbatasan lahan milik SMP Negeri 1 Ajibarang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan bak pendaratan lompat jauh untuk pembelajaran penjasorkes siswa sekolah Menengah Pertama. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan sarana pembelajaran penjasorkes siswa sekolah menengah pertama melalui pengembangan bak pendaratan lompat jauh. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Adapun prosedur pengembangan produk yaitu (1) melakukan analisa produk (2) mengembangkan bentuk produk awal (3) evalusasi ahli dengan satu ahli penjas dan satu ahli pembelajaran pesnjasorkes (4) uji coba kelompok kecil (34 siswa) (5) revisi produk pertama (6) uji coba kelompok besar (67 siswa) (7) revisi produk akhir (8) hasil akhir (9) implementasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli serta kueioner siswa dan menggunakan hasil pengamatan dilapangan. Teknis analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentase. Hasil rata-rata validasi ahli pada uji coba kelompok kecil didapat presentase sebesar 85%, hasil rata-rata kuesioner siswa pada uji coba kelompok kecil diperoleh sebesar 82,37%. Dari hasil rata-rata validasi ahli pada uji coba kelompok besar diperoleh sebesar 94%, sedangkan hasil rata-rata kueioner siswa pada uji coba kelompok besar diperoleh sebesar 93,36%. Bedasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan bak pendaratan lompat jauh ini layak digunakan untuk pembelajaran penjasorkes bagi siswa SMP N 1 Ajibarang. Saran yang dapat disampaikan yaitu prouk pengembangan bak pendaratan lompat jauh ini dapat digunakan sebagai sarana alternatif dalam pembelajaran penjaorkes lompat jauh siswa SMP khususnya bagi sekolah yang tidak memiliki bak pasir serta sekolah yang memiliki keterbasan lahan di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, pengembangan bak lompat jauh
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 15:52
Last Modified: 19 Oct 2017 15:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26846

Actions (login required)

View Item View Item