PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SUBMATERI KONSEP MOL


Nur Hamidah , 4301412069 (2016) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SUBMATERI KONSEP MOL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301412069.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Konsep Mol Lembar Kerja Peserta Didik yang sudah ada umumnya hanya berisi ringkasan materi, contoh soal dan tidak mengacu pada kegiatan ilmiah. Oleh sebab itu, perlu adanya bahan ajar yang berkaitan dengan dengan kurikulum 2013, salah satunya yaitu bahan ajar yang di dalamnya terdapat metode pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini mengembangkan lembar kerja peserta didik yang membantu dalam proses pembelajaran Kimia pada submateri konsep mol. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keefektifan, dan respon siswa pada lembar kerja peserta didik yang dikembangkan. Metode yang digunakan adalah Reseach and Development (R&D) oleh Thiagarajan dan Sammel (1974). Penelitian pengembangan dilaksanakan melalui beberapa langkah yang telah dimodifikasi yaitu meliputi: tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 2 MAN Bawu Jepara. Instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara, lembar validasi produk, lembar angket respon siswa, lembar angket respon guru, lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar soal evaluasi, lembar pengamatan afektif dan psikomotorik. Analisis data observasi menggunakan Inter Reters Reliability, sedangkan analisis data angket menggunakan -Cronbach. Hasil penelitian dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil validasi penilaian oleh masing-masing pakar adalah 68, 70, dan 72 pada kriteria “sangat layak”. Hasil analisis soal evaluasi pre-test dan post-test meningkat diperoleh rerata N-gain ,70 dengan rata-rata nilai pretest 23,97 dan rata-rata nilai post-test 81,47. Rerata penilaian afektif siswa “sangat baik” dan psikomotorik siswa “baik”. Rerata skor respon siswa pada uji coba skala kecil dan uji coba skala luas berturut-turut sebesar 29,8 (layak) dan 30,2 (efektif). Skor respon guru adalah 65 (sangat efektif). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing Submateri Konsep Mol yang telah disusun layak dan efektif untuk digunakan pada proses pembelajaran kimia dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik; Inkuiri Terbimbing; Hasil Belajar;
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 15:47
Last Modified: 19 Oct 2017 15:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26844

Actions (login required)

View Item View Item