PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM LARUTAN PENYANGGA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA


Fitriatul Ulia , 4301412068 (2016) PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM LARUTAN PENYANGGA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301412068.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keefektifan, dan tanggapan siswa terhadap petunjuk praktikum larutan penyangga berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan. Pengembangan petunjuk praktikum atas dasar ketidaktersediaan petunjuk praktikum yang memberikan kesempatan siswa dalam melakukan kegiatan inkuiri laboratorium untuk mengembangkan keterampilan generik sains siswa di SMA Negeri 3 Salatiga dan SMA Negeri 13 Semarang. Penelitian ini dirancang dengan desain research and development. Desain ini menggunakan desain yang diadaptasi dari model 3D termodifikasi yang meliputi tahapan define, design, development. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 3 Salatiga. Uji coba skala kecil dilakukan pada 10 siswa kelas XII IPA 4 dan uji coba skala besar dilakukan pada siswa kelas XII IPA 2. Pemilihan kelas dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan menggunakan lembar validasi, lembar observasi, angket dan soal evaluasi. Data penelitian selanjutnya dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Analisis data meliputi analisis hasil validasi kelayakan, hasil penyekoran lembar observasi, analisis hasil tes dengan N-gain, dan analisis tanggapan siswa. Hasil validasi terhadap petunjuk praktikum pada aspek kelayakan materi, teknik penyajian, bahasa dan kegrafikan berturut-turut mendapat persentase 92,18%, 93,75%, 91,25% dan 89,58% dengan kategori sangat layak. Hasil belajar siswa pada aspek kognitif, psikomotor, dan afektif serta penguasaan keterampilan generik sains mengalami peningkatan. Harga Ngain aspek kognitif adalah sebesar 0,55 dengan kategori sedang dan penguasaan keterampilan generik sains bahasa simbolik serta inferensia logika berturut-turut adalah sebesar 0,53 dan 0,59 dengan kategori sedang. Siswa memberikan respon positif terhadap petunjuk praktikum yang dikembangkan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa petunjuk praktikum larutan penyangga berbasis inkuiri terbimbing dinyatakan sangat layak, efektif digunakan untuk mengembangkan keterampilan generik sains, dan mendapat respon positif oleh siswa pada penerapannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: inkuiri terbimbing, keterampilan generik sains, petunjuk praktikum
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 15:44
Last Modified: 19 Oct 2017 15:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26843

Actions (login required)

View Item View Item