PENINGKATAN KEMAMPUAN SEPAK SILA MENGGUNAKAN BOLA GANTUNG DENGAN PENDEKATAN AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN PENJASORKES SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 CEPIRING KABUPATEN KENDAL


Apri Handayani , 6101411076 (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN SEPAK SILA MENGGUNAKAN BOLA GANTUNG DENGAN PENDEKATAN AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN PENJASORKES SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 CEPIRING KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101411076.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Sepak takraw salah satu materi yang diajarkan di sekolah. Akan tetapi kenyataannya dalam proses pembelajaran belum terlaksana secara maksimal dikarenakan kurangnya perhatian guru sehingga siswa kurang jelas dalam menerima materi dari guru. Hal tersebut berpengaruh pada hasil pembelajaran siswa, maka perlu adanya model pembelajaran inovatif yang menciptakan cara belajar siswa aktif sesuai dengan keadaan dan kebutuhannya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah pembelajaran sepak sila menggunakan bola gantung dengan audio visual dapat meningkatkan kemampuan sepak sila pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Cepiring Kabupaten Kendal?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar teknik dasar sepak sila pada siswa kelas X SMA N 1 Cepiring Kabupaten Kendal menggunakan bola gantung dengan pendekatan audio visual. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Cepiring Kabupaten Kendal sebanyak 35 siswa. Metode ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri atas empat tahap, yaitu planning (perencanaan), action (tindakan), observasi (pengamatan) dan reflection (refleksi). Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan hasil pengamatan di lapangan yang diperoleh dari siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), lembar observasi dan instrumen evaluasi berupa tes hasil belajar sepak sila meliputi psikomotor, afektif dan kognitif. Teknik analisi data yang digunakan adalah dekriptif persentase. Dari hasil penelitian yang diperoleh dari tiap siklusnya yaitu, diperoleh hasil belajar sepak sila pada siklus I ketuntasan klasikal dari 35 siswa sebanyak 13 siswa atau 38.23% dengan kriteria “rendah”. Pada siklus II ketuntasan klasikal dari 35 siswa sebanyak 28 siswa atau 82.35% dengan kriteria “sangat tinggi”. Ini berarti ada kenaikan ketuntasan yaitu 15 siswa (44.12%). Berdasarkan data hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar sepak sila menggunakan bola gantung dengan pendekatan audio visual dapat meningkatkan kemampuan siswa, karena hasil yang diperoleh sudah melampaui indikator ketuntasan belajar siswa yaitu 75%. Saran bagi guru penjasorkes adalah bola gantung dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar sepak sila.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Hasil Belajar, Sepak Sila, Media Pembelajaran
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 15:44
Last Modified: 19 Oct 2017 15:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26842

Actions (login required)

View Item View Item