PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERORIENTASI CHEMOENTREPRENEURSHIP PADA MATERI POKOK MINYAK BUMI SEBAGAI SUMBER BELAJAR
Ade Ayu Herdiani , 4301412062 (2016) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERORIENTASI CHEMOENTREPRENEURSHIP PADA MATERI POKOK MINYAK BUMI SEBAGAI SUMBER BELAJAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan keefektifan lembar kerja siswa berorientasi chemoentrepreneurship yang dikembangkan, serta memperoleh tanggapan siswa dan guru pada penerapan LKS berorientasi chemoentrepreneurship. Hal ini berdasarkan dengan belum ditanamkannya kegiatan entrepreneurship pada LKS yang digunakan dan aspek jiwa kewirausahaan siswa seluruhnya belum berkembang dengan baik. Penelitian ini menggunakan desain Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan pengajaran yang didesain Sugiyono. Penelitian ini bermanfaat sebagai referensi dalam pembelajaran kimia yang mampu meningkatkan jiwa kewirausahaan siswa dan memberikan pemahaman konsep siswa. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X dan XI SMAN 10 Semarang. Uji coba skala kecil dilakukan pada kelas XI IPA 2 sebanyak 10 siswa dan uji coba skala besar dilakukan pada kelas X-8 sebanyak 34 siswa. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil validasi ahli terhadap lembar kerja siswa berorientasi Chemoentrepreneurship dinyatakan sangat layak dari segi isi, bahasa, dan penyajian sehingga valid digunakan untuk sumber belajar siswa. Pada penerapannya LKS dinyatakan efektif karena pada uji coba skala besar angket penilaian diri siswa diperoleh sebanyak 91,1 % siswa mendapatkan skor dengan kriteria baik dan sangat baik, selain itu hasil penilaian observasi jiwa kewirausahaan siswa terjadi peningkatan pada tiap tahap pertemuannya dan hasil pemahaman konsep siswa ketuntasan klasikal yang diperoleh sebesar 88,2%. Selain itu data angket menunjukkan bahwa LKS dinyatakan mendapat respon baik dari pengguna. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, lembar kerja siswa berorientasi chemoentrepreneurship pada materi pokok minyak bumi dapat digunakan sebagai sumber belajar siswa yang mampu meningkatkan jiwa kewirausahaan siswa dan memberikan pemahaman konsep siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lembar Kerja Siswa, Chemoentrepreneurship, dan Jiwa Kewirausahaan. |
Subjects: | L Education > Special Education > Chemistry Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 19 Oct 2017 15:40 |
Last Modified: | 19 Oct 2017 15:40 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26840 |
Actions (login required)
View Item |