PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI HIDROLISIS GARAM TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA


Nina Fitriana , 4301412060 (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI HIDROLISIS GARAM TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301412060.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model problem based learning pada materi hidrolisis garam terhadap hasil belajar dan keterampilan generik sains siswa. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bae Kudus pada 1 Maret – 5 Mei 2016. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest group design. Sampel dari penelitian ini yaitu kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol yang didapatkan dengan teknik cluster random sampling. Data yang dikumpulkan adalah nilai pretest, nilai posttest, lembar observasi sikap, keterampilan, keterampilan generik sains dan angket tanggapan siswa terhadap model problem based learning. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalized gain, uji kesamaan dua varians, uji perbedaan dua rata-rata, analisis pengaruh antar variabel dan penentuan koefisien determinasi. Hasil analisis keterampilan generik sains setelah diuji dengan N-Gain menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh 0,71 dengan kriteria tinggi dan kelas kontrol 0,61 dengan kategori sedang. Hasil uji kesamaan dua varians menunjukkan Fhitung hasil belajar adalah 1,18, sedangkan Fhitung keterampilan generik sains adalah 1,90 yang berarti lebih kecil dari Ftabel yaitu 2,06. Hasil uji perbedaan dua rata-rata memperlihatkan thitung hasil belajar adalah 3,00, sedangkan thitung keterampilan generik sains adalah 4,43 yang berarti lebih besar dari ttabel yaitu 1,67. Analisis pengaruh antar variabel menghasilkan nilai koefisien biserial sebesar 0,46 untuk hasil belajar dan 0,65 untuk keterampilan generik sains. Perhitungan koefisien determinasi menunjukkan penerapan model pembelajaran problem based learning berkontribusi sebesar 19,88% terhadap hasil belajar dan 43,2% terhadap keterampilan generik sains. Hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa penerapan model problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar dan keterampilan generik sains siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bae Kudus pada materi hidrolisis garam.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, keterampilan generik sains, problem based learning
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 15:23
Last Modified: 19 Oct 2017 15:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26837

Actions (login required)

View Item View Item