KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTRAPERSONAL DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN


Prahasti Cynthia Hardiyanti , 4301412059 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTRAPERSONAL DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301412059.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Learning Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan mengetahui keefektifan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan intrapersonal dan keterampilan proses sains pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Teknik sampling menggunakan cluster random sampling. Desain penelitian menggunakan pretest-posttest control group design. Variabel bebas penelitian ini adalah model problem based learning sedangkan variabel terikat adalah kemampuan intrapersonal dan keterampilan proses sains. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi, tes, dan angket. Analisis data menggunakan uji N-gain dan uji t, sedangkan angket dan lembar observasi dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan intrapersonal siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Aspek self reflection meningkat dari 12,86 dengan kriteria baik menjadi 16,43 dengan kriteria sangat baik. Aspek emotional processing meningkat dari 13,22 menjadi 15,86 dengan kriteria baik. Aspek metacognition meningkat dari 23,78 dengan kriteria baik menjadi 26,19 dengan kriteria sangat baik. Hasil uji perbedaan rerata menunjukkan thitung keterampilan proses sains adalah 5,54 lebih besar dari tkritis yaitu 1,66 sehingga keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Harga N-gain keterampilan proses sains adalah 0,71 dan 0,52. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning efektif meningkatkan kemampuan intrapersonal dan keterampilan proses sains siswa kelas XI SMA Negeri 6 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Intrapersonal, Keterampilan Proses Sains, Problem Based
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 15:19
Last Modified: 19 Oct 2017 15:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26836

Actions (login required)

View Item View Item