PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TSTS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIA 3 SMA N 2 MAGELANG


Dian Triana Andantinasari , 4301412053 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TSTS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIA 3 SMA N 2 MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301412053.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kimia merupakan salah satu cabang dari rumpun IPA yang mulai dipelajari di bangku SMA. Materi kimia di SMA berisi konsep-konsep yang membutuhkan pemahaman, perhitungan dan ketelitian yang cukup tinggi. Sehingga, banyak siswa yang menganggap bahwa kimia merupakan pelajaran yang sulit dipahami dan kurang menarik. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara awal yang dilakukan kepada guru dan siswa di SMA N 2 Magelang menunjukkan bahwa kelas XI MIA 3 aktivitas dan hasil belajarnya masih rendah dan belum optimal. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu aktivitas siswa masih kurang, kurangnya minat belajar siswa, dan interaksi antara guru dengan siswa kurang terjalin baik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI MIA 3 SMA N 2 Magelang tahun ajaran 2015/2016. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah yang ada di kelas tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS). Pada saat pembelajaran kimia dengan diterapkannya model pembelajaran TSTS diharapkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI MIA 3 menjadi meningkat dan mencapai indikator keberhasilan yang telah dibuat. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah apabila sejumlah 75% dari total siswa yang hadir mendapatkan predikat baik untuk aktivitas, aspek afektif, dan aspek psikomotor. Sedangkan untuk aspek kognitif, minimal 75% dari total siswa yang hadir mendapatkan nilai 70. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes, kuosioner, observasi, wawancara, catatan harian, dan learning log. Teknik analisis dilakukan dengan cara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus dengan pokok bahasan hidrolisis garam dan larutan penyangga. Hasil dari penelitian ini adalah persentase ketuntasan aktivitas belajar, aspek afektif, psikomotorik, dan kognitif pada siklus I secara berturut-turut adalah 59%; 74%; 83,33%; dan 73%. Hal ini belum memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditentukan, sehingga berlanjut ke siklus selanjutnya. Persentase ketuntasan aktivitas belajar, aspek afektif, psikomotorik, dan kognitif pada siklus II secara berturut-turut adalah 78%; 93%; 88,46%; dan 78%. Aktivitas dan hasil belajar siswa pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan, sehingga penelitian dapat dihentikan pada siklus ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran TSTS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI MIA 3 SMA N 2 Magelang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aktivitas; hasil belajar; two stay two stray.
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 15:11
Last Modified: 19 Oct 2017 15:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26834

Actions (login required)

View Item View Item