PENGEMBANGAN POCKET BOOK OF CHEMISTRY ON ANDROID (POCKEMON) UNTUK MATA PELAJARAN KIMIA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN


Rouf Khoironi , 4301412050 (2016) PENGEMBANGAN POCKET BOOK OF CHEMISTRY ON ANDROID (POCKEMON) UNTUK MATA PELAJARAN KIMIA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301412050.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Pocket Book of Chemistry on Android (Pockemon) untuk Mata Pelajaran Kimia Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan, mengukur tingkat kelayakan dan keefektifan penggunaannya pada proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan desain Research and Development (R & D) model ADDIE. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran Kimia. Media yang dikembangkan diujicobakan kepada 27 siswa kelas XI IPA SMA Institut Indonesia Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan aplikasi Pocket Book of Chemistry on Android (Pockemon) untuk mata pelajaran kimia materi kelarutan dan hasil kali kelarutan sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian: 1) Ahli materi diperoleh total skor 102,50 yang termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dan jika dipersentasekan mendapat nilai 94,91%, sehingga termasuk kategori “Sangat Layak”, 2) Ahli media diperoleh total skor 52,50 yang termasuk dalam kategori “Baik” dan jika dipersentasekan mendapat nilai 87,50%, sehingga termasuk kategori “Sangat Layak”, dan 3) Praktisi pembelajaran Kimia total skor 117,50 yang termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dan jika dipersentasekan mendapat nilai 94,76%, sehingga termasuk kategori “Sangat Layak”. Hasil post test siswa menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan efektif terhadap hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 77,78%. Selain itu, siswa juga memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media pembelajaran yang dikembangkan pada proses pembelajaran kimia materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ADDIE, Android, Media Pembelajaran, Pockemon.
Subjects: L Education > Special Education > Civic Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 15:07
Last Modified: 19 Oct 2017 15:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26833

Actions (login required)

View Item View Item