KEEFEKTIFAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN METODE DRILL AND PRACTICE BERBANTUAN MEDIA KARTU SOAL UNTUK MEMOTIVASI SISWA


Gustiyani Eka Sulistyowati , 4301412048 (2016) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN METODE DRILL AND PRACTICE BERBANTUAN MEDIA KARTU SOAL UNTUK MEMOTIVASI SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301412048.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran di SMK Negeri 10 Semarang masih berpusat pada guru dan siswa kurang dapat memahami materi yang disampaikan serta belum mengetahui aplikasi materi yang dipelajari dalam kehidupan nyata sehingga pembelajaran kimia menjadi kurang bermakna bagi siswa. Diperlukan pendekatan, metode dan media pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa, memotivasi siswa, mengembangkan keterampilan yang dimiliki siswa, dan dapat mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari. Penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning dan metode Drill and Practice berbantuan media kartu soal bertujuan untuk mengetahui keefektifan terhadap motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa materi Koloid. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK N 10 Semarang semester genap tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Kelas XI TSM 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TKKB sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dengan metode dokumentasi, tes, angket dan observasi. Metode analisis data tahap akhir meliputi uji normalitas, uji kesamaan dua varians, uji t, uji ketuntasan belajar, analisis hasil angket dan observasi. Simpulan pada penelitian ini hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol dengan tercapainya indikator efektif dari ketiga aspek baik aspek motivasi belajar, penguasaan konsep dan aspek keterampilan presentasi. Aspek penguasaan konsep dibuktikan dengan uji t pihak kanan menghasilkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol, karena thitung = 2,529 > t(0,95) (58) = 2,002. Kriteria motivasi belajar dan keterampilan presentasi siswa pada kelas eksperimen yang mendapat kategori baik lebih banyak daripada kelas kontrol. Persentase ketuntasan aspek motivasi belajar kelas eksperimen 87,87% dan kelas kontrol 77,78%, ketuntasan belajar aspek penguasaan konsep kelas eksperimen sebesar 90,90% dan kelas kontrol sebesar 77,78%, serta persentase ketuntasan belajar aspek keterampilan presentasi kelas eksperimen 84,84% dan kelas kontrol 77,78%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Pendekatan CTL, Metode Drill and Practice, Media Kartu Soal, Motivasi Belajar, Penguasaan Konsep.
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 15:04
Last Modified: 19 Oct 2017 15:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26832

Actions (login required)

View Item View Item