KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN NESTED DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA HASIL BELAJAR SISWA MATERI LARUTAN PENYANGGA


Anis Nabila , 4301412041 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN NESTED DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA HASIL BELAJAR SISWA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301412041.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengunaan model pembelajaran sangat mempengaruhi pemahaman siswa terhadap pembelajaran kimia sehingga menyebabkan hasil belajar siswa masih rendah. Pembelajaran kimia di SMA Negeri 1 Karangtengah Demak masih berpusat pada guru dan siswa kurang dapat memahami materi yang disampaikan serta belum mengetahui aplikasi materi kimia dalam kehidupan nyata. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa, mengembangkan keterampilan siswa, dan dapat mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah model pembelajaran Nested dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Nested dengan pendekatan kontekstual pada hasil belajar siswa materi larutan penyangga. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan terpilih kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 1 sebagai kelas kontrol. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan true experimental design berpola posttest-only design. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes yaitu posttest untuk mengetahui hasil belajar kognitif, dokumentasi untuk mengetahui jumlah populasi, observasi untuk mengetahui hasil belajar aspek afektif dan psikomotorik, serta angket untuk tanggapan siswa terhadap proses pembelajaran. Hasil belajar aspek kognitif diperoleh rata-rata kelas eksperimen 76,25 lebih tinggi dari kelas kontrol 72,82. Hasil uji t satu pihak kanan didapat nilai thitung 2,85 lebih tinggi dari ttabel 1,993 yang berarti ada perbedaan signifikan antara rata-rata hasil belajar kognitif kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil belajar aspek afektif dan psikomotorik kelas eksperimen yang mendapatkan kriteria sangat baik dan baik lebih banyak daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Nested dengan pendekatan kontekstual efektif pada hasil belajar siswa materi larutan penyangga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, keefektifan, model pembelajaran Nested, pendekatan kontekstual.
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 14:53
Last Modified: 19 Oct 2017 14:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26830

Actions (login required)

View Item View Item