MODEL BLENDED LEARNING BERBASIS TASK DENGAN MENGGUNAKAN PENILAIAN JURNAL DAN HASIL BELAJAR TERKAIT PENCAPAIAN KOMPETENSI DASAR KELAS X


Garnis Astriyanti , 4301412037 (2016) MODEL BLENDED LEARNING BERBASIS TASK DENGAN MENGGUNAKAN PENILAIAN JURNAL DAN HASIL BELAJAR TERKAIT PENCAPAIAN KOMPETENSI DASAR KELAS X. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301412037.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran yang baru membuat siswa mendapatkan suatu hal yang menambah pengetahuan, keterampilan, dan sikap mereka. Pembelajaran masih berfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan dan ceramah sebagai pilihan utama metode belajar. Blended learning adalah strategi pembelajaran yang memanfaatkan teknologi internet (E-Learning) yang dikombinasikan dengan tatap muka di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dan peningkatan ketercapaian kompetensi dasar siswa dengan pembelajaran model blended learning pada materi reaksi reduksi dan oksidasi. Lokasi Penelitian di SMA Negeri 1 Kajen dengan populasi penelitian adalah siswa kelas X MIPA dan sampel penelitian adalah siswa kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan model eksperimen pretest-posttest group design. Teknik pengambilan data melalui metode tes, observasi, angket, dan dokumentasi. Data penelitian berupa hasil belajar ranah pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Teknik analisis data menggunakan uji t-tes dan korelasi biserial. Penilaian menggunakan jurnal belajar menghasilkan rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan kriteria cukup untuk kelas eksperimen maupun kontrol Hasil perhitungan uji t kesamaan dua rata-rata satu pihak kanan diperoleh thitung (2,97) dan ttabel (1,67) berarti rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan perhitungan analisis pengaruh variabel diperoleh harga koefisien korelasi biserial (rb) 0,407 yang termasuk kriteria sedang dengan koefisien determinasi sebesar 16,6%. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model blended learning berbasis task dengan menggunakan penilaian jurnal dan hasil belajar memberikan pengaruh sedang dengan kontribusi sebesar 16,6% serta dapat meningkatakan kompetensi dasar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Blended Learning, Penlaian Jurnal , Kompetensi Dasar.
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 14:28
Last Modified: 19 Oct 2017 14:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26828

Actions (login required)

View Item View Item