PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA PADA MATERI KOLOID TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA
Ratnasari , 4301412035 (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA PADA MATERI KOLOID TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran kimia di SMA Negeri 1 Godong masih didominasi dengan ceramah, kemudian dilanjutkan dengan diskusi, pemberian latihan-latihan soal dan tugas rumah, serta jarang melakukan kegiatan pembuatan produk kimia. Keadaan ini menyebabkan kurangnya kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menciptakan gagasan-gagasan baru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Pembelajaran Berbasis Proyek berbantuan lembar kerja siswa diterapkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis proyek berbantuan lembar kerja siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, (2) mengetahui besarnya pengaruh pembelajaran berbasis proyek berbantuan lembar kerja siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Godong tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen mendapat perlakuan pembelajaran berbasis proyek berbantuan lembar kerja siswa sedangkan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol mendapat perlakuan metode ceramah dan diskusi. Data penelitian diperoleh dengan metode dokumentasi, post-tes, angket, dan observasi kepribadian kreatif dan produk kreatif. Data tahap akhir dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji kesamaan dua varians, uji dua rata-rata hasil belajar, analisis pengaruh antar variabel, analisis ketuntasan hasil belajar dan penentuan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, didukung dengan data observasi menunjukkan bahwa kepribadian kreatif kelas eksperimen lebih baik dibanding kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis proyek berbantuan lembar kerja siswa berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa , dengan pengaruh sebesar 11,11%.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan berpikir kreatif, lembar kerja siswa, pembelajaran berbasis proyek |
Subjects: | L Education > Special Education > Chemistry Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 19 Oct 2017 14:26 |
Last Modified: | 19 Oct 2017 14:26 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26827 |
Actions (login required)
View Item |