PENGEMBANGAN INSTRUMEN PERFORMANCE ASSESSMENT PADA PRAKTIKUM FARMASI BERBASIS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN LABORATORIUM SISWA SMK


Khusnul Khotimah , 4301412031 (2016) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PERFORMANCE ASSESSMENT PADA PRAKTIKUM FARMASI BERBASIS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN LABORATORIUM SISWA SMK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301412031.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penilaian keterampilan laboratorium pada umumnya belum memiliki patokan khusus untuk setiap penilaiannya, sehingga saat siswa melakukan kinerja dan keterampilan dalam melakukan praktikum masih belum teramati dan terukur dengan baik. Alternatif penilaian yang dapat digunakan untuk mengukur keterampilan laboratorium adalah dengan menggunakan performance assessment. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah instrumen performance assessment dapat digunakan untuk menilai keterampilan laboratorium siswa. Desain Penelitian ini menggunakan metode Research and Development. Hasil analisis data instrumen performance assessment yang dikembangkan layak untuk diterapkan dengan hasil validasi sebesar 62,5 dengan kategori sangat baik untuk lembar observasi penilaian keterampilan laboratorium siswa dan keseluruhan komponen berada pada kategori sangat baik. Reliabilitasnya mencapai lebih dari 0,70 untuk semua komponen instrumen performance assessment yang dikembangkan. Instrumen dinyatakan efektif mengukur keterampilan laboratorium siswa karena 26 dari 29 siswa memiliki memiliki keterampilan laboratorium tinggi dan sangat tinggi. Instrumen performance assessment hasil penelitian sudah baku dan dapat digunakan untuk menilai keterampilan laboratorium siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: farmakognosi, keterampilan laboratorium, performance assessment
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 14:20
Last Modified: 19 Oct 2017 14:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26825

Actions (login required)

View Item View Item