PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERPENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MAN 1 KABUPATEN MAGELANG PADA MATERI ASAM BASA


Andini Arum Sari , 4301412027 (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERPENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MAN 1 KABUPATEN MAGELANG PADA MATERI ASAM BASA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301412027.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model inkuiri terbimbing berpendekatan multiple intelligences (MI) terhadap hasil belajar siswa pada materi asam basa di MAN 1 Kabupaten Magelang. MI yang digunakan terfokus hanya pada kecerdasan logis-matematik dengan indikator pencapaian analisis logis dan pemecahan masalah, dan kecerdasan naturalis dengan indikator pencapaian investigasi langsung dan pola pikir terhadap alam. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling, dengan desain penelitian post-test only control design. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah metode tes, observasi, angket, dan dokumentasi. Data penelitian berupa hasil belajar ranah pengetahuan, keterampilan, sikap, dan hasil MI siswa. Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai post-test kelas kontrol 43,07 sedangkan pada kelas eksperimen 60,63. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki varians yang sama. Uji koefisien korelasi biserial sebesar 0,8215 dengan kategori terdapat hubungan yang sangat kuat, sedangkan uji koefisien determinasi sebesar 67,4949%. Hasil belajar ranah keterampilan kelas eksperimen memiliki lima aspek berkriteria tinggi, sedangkan kelas kontrol memiliki tiga aspek berkriteria tinggi. Hasil belajar ranah sikap, kelas eksperimen memiliki delapan aspek berkriteria tinggi, kelas kontrol memiliki enam aspek berkriteria tinggi. Uji hubungan antara tiap kecerdasan dengan hasil belajar dilakukan dengan menggunakan korelasi product moment karl pearson, diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan yang berharga positif dengan kategori lemah antara hasil belajar ranah pengetahuan dengan kecerdasan logis-matematik sebesar 0,399. Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran inkuiri terbimbing berpendekatan multiple intelligences berpengaruh terhadap hasil belajar kimia siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Inkuiri Terbimbing, Multiple Intelligences
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 14:17
Last Modified: 19 Oct 2017 14:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26824

Actions (login required)

View Item View Item