IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PREDICTDISCUSS-EXPLAIN-OBSERVE-DISCUSS-EXPLAIN PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNISI SISWA SMA


Nurullah Aulia Sugiarti , 4301412024 (2016) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PREDICTDISCUSS-EXPLAIN-OBSERVE-DISCUSS-EXPLAIN PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNISI SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301412024.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran di berbagai jenjang termasuk Sekolah Menengah Atas saat ini masih diwarnai dengan paradigma teacher-centered bukan student-centered. Pemberdayaan kemampuan metakognisi yang melibatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi belum dilaksanakan, sehingga pembelajaran yang bersifat studentcentered belum terlaksana secara maksimal, maka penting untuk menerapkan pembelajaran yang dapat menumbuh kembangkan keterampilan metakognisi siswa, salah satunya pembelajaran Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain (PDEODE). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan metakognisi siswa melalui implementasi pembelajaran PDEODE serta untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran PDEODE. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA SMA 1 BAE Kudus dengan menggunakan desain penelitian eksperimen “pretest-posttest control group”. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan uji N-gain dan uji t pada hasil pretest dan posttest, sedangkan hasil angket dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan uji N-gain, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol mengalami peningkatan sedang dengan nilai masing-masing 0,654 dan 0,565, sedangkan hasil uji t diperoleh thitung sebesar 5,746 lebih besar dari ttabel pada taraf signifikan 5% yaitu 1,998 yang berarti ada perbedaan rata-rata yang signifikan yakni hasil postest siswa kelompok eksperimen lebih baik dari rata-rata hasil posttest siswa kelompok kontrol. Hasil tes metakognisi siswa menunjukan 65,63% metakognisi siswa sudah berkembang baik sedangkan kelompok kontrol mencapai 37,50% dengan indikator mengevaluasi prosedur mengalami peningkatan tertinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Materi Larutan Penyangga; Metakognisi; Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain.
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 14:14
Last Modified: 19 Oct 2017 14:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26823

Actions (login required)

View Item View Item