PENGEMBANGAN FLIP BOOK KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DAN PENGGUNAANNYA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN MODEL BENTANG PANGAJEN DI SMA


Rifda Kharisma Putri , 4301412023 (2016) PENGEMBANGAN FLIP BOOK KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DAN PENGGUNAANNYA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN MODEL BENTANG PANGAJEN DI SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301412023.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kimia merupakan salah satu pelajaran yang tidak disukai siswa. Siswa menganggap bahwa pelajaran kimia itu bersifat abstrak, banyak materi yang harus dihafalkan, dan kurang menarik. Media pembelajaran diperlukan untuk membantu siswa dalam memahami materi kimia yang bersifat abstrak. Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran kimia adalah media flip book. Selain media pembelaran, Model yang tepat juga diperlukan dalam pembelajaran kimia. Model bentang pangajen adalah salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan minat siswa dalam mempelajari kimia. Oleh karena itu dikembangkan media flip book dengan model bentang pangajen pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran flip book yang valid, efektif, mendapat tanggapan positif dari siswa maupun guru, dan layak pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Desain penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan mengikuti model 3-D yaitu Define, Design, and Develop. Media yang telah dikembangkan divalidasi oleh para ahli. Hasil validasi oleh ahli menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid dengan rata-rata skor validasi ahli media mencapai skor 88,33% kriteria sangat valid dan ahli materi mencapai skor 91,67% kriteria sangat valid. Hasil uji coba skala kecil menunjukkan bahwa siswa dan guru memberi tanggapan positif terhadap media flip book dengan rerata skor mencapai 84% dan 83% kriteria sangat baik. Hasil analisis pretest dan posttest menunjukkan bahwa media flip book efektif dalam pembelajaran kimia dan diperoleh hasil uji normalitas gain (N-gain) sebesar 0,7 kategori tinggi dengan ketuntasan klasikal yang diperoleh adalah 85,71%. Siswa juga memberikan tanggapan positif terhadap penggunaaan media flip book pada uji coba skala besar dengan rerata skor mencapai 79% kriteria baik. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran flip book pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan dinyatakan valid dan efektif serta mendapat tanggapan positif dari siswa dan guru, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bentang Pangajen, Flip Book, Media Pembelajaran.
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 14:06
Last Modified: 19 Oct 2017 14:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26822

Actions (login required)

View Item View Item