KEEFEKTIFAN COLLABORATIVE LEARNING BERBASIS TUGAS DENGAN PEER ASSESSMENT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SISWA KELAS XI


Dewi Ikmah , 4301412022 (2016) KEEFEKTIFAN COLLABORATIVE LEARNING BERBASIS TUGAS DENGAN PEER ASSESSMENT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SISWA KELAS XI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301412022.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pola pembelajaran yang didominasi paradigma teacher-centered (guru lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran). Collaborative learning merupakan metode pengajaran yang menempatkan siswa dengan berbagai latar kemampuan bekerja bersama dalam kelompok-kelompok kecil untuk mencapai suatu tujuan, sehingga dapat menjadi inovasi model pembelajaran yang efektif terhadap pemahaman konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan collaborative learning berbasis tugas dengan peer assessment terhadap pemahaman konsep kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa kelas XI serta mengetahui adanya perbedaan pemahaman konsep pada kelompok eksperimen dan kontrol. Populasi penelitian yaitu seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 1 Subah tahun ajaran 2015/2016 yang terbagi dalam 4 kelas. Teknik sampling menggunakan cluster random sampling dan terpilih XI IPA 2 dan XI IPA 4 masing-masing diberlakukan sebagai kelompok kontrol dan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata nilai posttest kelompok eksperimen sebesar 86,59 sedangkan kelompok kontrol 75,94. Analisis N-gain pemahaman konsep kelompok eksperimen mencapai 0,79 pada kategori tinggi, sedangkan kelompok kontrol mencapai 0,59 pada kategori sedang. Persentase ketuntasan hasil belajar kelompok eksperimen sebesar 91% sedngkan kelompok kontrol sebesar 69%. Uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 4,40 lebih dari ttabel 2,00 yang berarti terdapat perbedaan rerata pemahaman konsep kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Kesimpulan penelitian ini model collaborative learning berbasis tugas dengan peer assessment terbukti efektif terhadap pemahaman konsep kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa kelas XI ditunjukkan dengan tercapainya kriteria keefektifan, yaitu ketuntasan belajar kelompok eksperimen yang lebih dari 75% yaitu sebesar 91,18% dan secara statistik terdapat perbedaan pemahaman konsep antara kelompok eksperimen dengan kontrol ditunjukkan dengan thitung sebesar 4,40 lebih dari ttabel 2,00 pada uji hipotesis dua pihak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Collaborative learning; Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan; Peer Assessment; Pemahaman Konsep; Tugas.
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 14:03
Last Modified: 19 Oct 2017 14:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26821

Actions (login required)

View Item View Item