PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN BOLAVOLI VOGA DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA


Hanif Aryo Prastama , 6101411068 (2016) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN BOLAVOLI VOGA DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101411068.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran permainan bolavoli yang masih terpaku pada teknik dasar tanpa adanya aplikasi ke dalam bentuk permainan yang dimodifikasi, dan terbatasnya sarana prasarana serta pemanfaatannya, sehingga siswa dikhawatirkan akan merasa cepat bosan, monoton, terbatasnya pola gerak siswa yang pada akhirnya berpengaruh pada tingkat penguasaan keterampilan teknik geraknya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pengembangan model permainan bolavoli VOGA dalam pembelajaran penjasorkes pada siswa sekolah menengah pertama. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa pengembangan model permainan bolavoli voga dalam pembelajaran penjasorkes pada siswa sekolah menengah pertama. Metode penelitian yang digunakan yaitu: (1) melakukan penelitian dan pengumpulan data (research and information) yang didapat dari hasil pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) perencanaan (planning), (3) pengembangan draf produk, (4) uji coba lapangan awal (uji coba skala kecil) uji coba skala kecil dengan menggunakan 32 subyek uji coba dari dua sekolah, dua ahli penjas, dan satu ahli pendidikan jasmani. Selama uji coba diadakan pengamatan dan pengedaran angket atau kuesioner bagi ahli pendidikan jasmani maupun subyek, (5) revisi uji skala kecil berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba skala kecil yang digunakan untuk perbaikan dan penyempurnaan terhadap produk awal, (6) uji coba lapangan skala besar yaitu dengan 64 subyek uji coba, (7) penyempurnaan produk akhir (final produk reversion), (8) implementasi yaitu melaporkan hasil dalam bentuk pengolahan data kuesioner atau angket. Dari hasil uji skala besar di dapatkan hasil dari aspek kognitif melalui angket yang diisi siswa SMPN 11 Semarang di dapat 91,88% sedangkan SMP IT USWATUN HASANAH 86,88% aspek paa ke dua sekolah di kategorikan baik. Untuk aspek afektif di dapatkan hasil yang dikategorikan baik untuk SMPN 11 Semarang 94,38% sedangkan SMP IT USWATUN HASANAH 88,13% . Pada aspek psikomotor atau gerak siswa SMPN 11 Semarang mendapatkam persentase 86,11% dan SMP IT USWATUN HASANAH 82,99% ke dua sekolahan dikategorikan baik. Hasil rata-rata ke tga aspek yang diamati dikategorikan baik dan produk ini dapat digunakan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model permainan bolavoli voga ini dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran permainan bolavoli bagi siswa sekolah menengah pertama. Saran bagi guru penjasorkes di sekolah menengah pertama dapat menggunakan produk model permainan bolavoli voga sebagai alternatif menyampaikan materi bolavoli dalam pembelajaran penjasorkes.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, permainan bolavoli, voga
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 17 Oct 2017 19:34
Last Modified: 17 Oct 2017 19:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26818

Actions (login required)

View Item View Item