PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENJASORKES MELALUI PERMAINAN BONTENGAN ADU PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KALIPRAU KECAMATAN ULUJAMI KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2015/2016


Bayu Prasthanika , 6101411067 (2015) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENJASORKES MELALUI PERMAINAN BONTENGAN ADU PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KALIPRAU KECAMATAN ULUJAMI KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101411067.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya pengetahuan siswa terhadap ragam permainan tradisional yang ada. Siswa kurang antusias ketika diberikan materi pembelajaran penjasorkes permainan tradisional karena bagi mereka kurang menarik. Antusias siswa terlihat berbeda ketika mereka diberikan materi kecabangan. Kurangnya gerak siswa setelah aktivitas di sekolah yang pada akhirnya berpengaruh pada perkembangan dan pertumbuhannya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model pengembangan permainan bontengan adu dapat meningkatkan aktivitas gerak siswa dalam pembelajaran penjasorkes pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kaliprau Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang tahun 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa model pengembangan permainan tradisional bontengan adu dalam pembelajaran penjasorkes bagi siswa kelas V SD Negeri 1 Kaliprau Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang tahun 2015/2016. Metode penelitian pengembangan yang digunakan yaitu: (1) melakukan penelitian dan pengumpulan data (research and information) yang didapat dari hasil pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) perencanaan (planning), (3) pengembangan draf produk, (4) uji coba lapangan awal (pra uji coba skala kecil) dan uji coba skala kecil dengan menggunakan 12 subyek uji coba, satu ahli penjasorkes, dan satu ahli pembelajaran, (5) revisi uji skala kecil berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba skala kecil yang digunakan untuk perbaikan dan penyempurnaan terhadap produk awal, (6) uji coba lapangan skala besar yaitu dengan 32 subyek uji coba, (7) penyempurnaan produk akhir (final produk reversion), (8) implementasi yaitu melaporkan hasil dalam bentuk pengolahan data kuesioner atau angket. Dari hasil rata-rata validasi ahli pada uji coba produk awal didapat persentase sebesar 69,23% (cukup baik). Data hasil uji coba skala kecil diperoleh persentase rata-rata 79,62% (baik). Dari hasil rata-rata validasi ahli pada uji coba skala kecil didapat persentase sebesar 85,38% (baik). Data hasil uji coba skala besar diperoleh persentase rata-rata 87,5% (baik). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model permainan bontengan adu ini dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran penjasorkes bagi siswa kelas V SD Negeri 1 Kaliprau Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang. Saran untuk permainan bontengan adu dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran penjasorkes dan dapat melestarikan ragam permainan tradisional yang ada dengan memanfaatkan kondisi lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, permainan tradisonal, bontengan adu
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 17 Oct 2017 19:30
Last Modified: 17 Oct 2017 19:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26817

Actions (login required)

View Item View Item