MODEL PENGEMBANGAN PERMAINAN BLODBAS UNTUK PEMBELAJARAN BOLABASKET SISWA KELAS XI SMA NEGERI DI KOTA TEGAL TAHUN AJARAN 2015/2016


Bagus Dwi Minarno , 6101411051 (2016) MODEL PENGEMBANGAN PERMAINAN BLODBAS UNTUK PEMBELAJARAN BOLABASKET SISWA KELAS XI SMA NEGERI DI KOTA TEGAL TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101411051.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi pada pembelajaran bolabasket di SMA Negeri 2 Tegal, SMA Negeri 3 Tegal, dan SMA Negeri 4 Tegal, ditemukan bahwa adanya motivasi siswa yang kurang terhadap pembelajaran pada materi bolabasket dikarenakan kemampuan guru dalam menyajikan materi bolabasket masih terkesan kurang variatif dengan menggunakan sistem komando yang berpusat pada guru dan kurang menarik minat siswa. Dengan melihat proses pembelajaran pada permainan bolabasket, untuk meningkatkan keaktifan siswa terhadap pembelajaran bolabasket maka dibutuhkan produk baru berupa pengembangan permainan bolabasket. Melalui modifikasi permainan Blodbas (Blodor Basketball), diharapkan dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran bolabasket. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan model pembelajaran bolabasket melalui modifikasi permainan Blodbas dalam penjasorkes pada Siswa Kelas XI SMA Negeri di Kota Tegal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa pengembangan model pembelajaran bolabasket melalui modifikasi permainan Blodbas dalam penjasorkes pada Siswa Kelas XI SMA Negeri di Kota Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Adapun prosedur pengembangan produk yaitu; (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan yang didapat dari hasil pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa model permainan Blodbas), (3) uji validasi ahli yaitu menggunakan satu ahli permainan bolabasket dan satu ahli pembelajaran penjasorkes sekolah menengah atas, serta uji coba skala kecil, dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba skala kecil (55 siswa). Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji coba lapangan (22 siswa, 28 siswa dan 30 siswa), (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji coba lapangan, (7) hasil akhir model permainan Blodbas bagi siswa kelas XI yang dihasilkan melalui revisi uji coba lapangan Berdasarkan hasil penelitian uji coba skala kecil diperoleh presentase 84,40% (Sangat Baik), dari hasil evaluasi ahli permainan diperoleh persentase 85,00% (Sangat Baik). Hasil penelitian uji coba skala besar yaitu 85,99% (Sangat Baik), dari hasil evaluasi ahli pembelajaran diperoleh persentase 86,00% (Sangat Baik). Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan maka model Blodbas ini telah memenuhi kriteria yang baik untuk digunakan. Simpulan dari penelitian ini adalah pengembangan model permainan Blodbas dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran penjasorkes bagi siswa kelas XI SMA Negeri di Kota Tegal. Saran bagi guru penjasorkes adalah permainan Blodbas dapat dijadikan sebagai alternatif model pembelajaran penjasorkes yang efektif dan menyenangkan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Pembelajaran, Bolabasket, Permainan Blodbas
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 17 Oct 2017 19:27
Last Modified: 17 Oct 2017 19:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26816

Actions (login required)

View Item View Item