PENGEMBANGAN BALL HOLDER UNTUK PEMBELAJARAN SERVIS ATAS DAN SMASH BOLA VOLI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PONCOL 02 PEKALONGAN
Fajar Bayu Ardiansyah , 6101411045 (2016) PENGEMBANGAN BALL HOLDER UNTUK PEMBELAJARAN SERVIS ATAS DAN SMASH BOLA VOLI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PONCOL 02 PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah adanya inovasi model pengembangan alat modifikasi pembelajaran yang menarik dan mampu untuk menunjang teknik bola voli, salah satunya melalui pengembangan ball holder. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan ball holder untuk pembelajaran servis atas dan smash bola voli di SD Negeri poncol 02 Pekalongan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk Pengembangan Ball Holder Untuk Pembelajaran Servis Atas dan Smash Bola Voli Pada Siswa Kelas V SD Negeri Poncol 02 Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Adapun prosedur pengembangan produk yaitu (1) potensi dan analisis kebutuhan, (2) pengumpulan data awal, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) uji coba skala kecil (15 siswa), (6) revisi produk, (7) uji coba skala besar (33 siswa), (8) desain revisi produk. Pengelolaan data dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli, kuesioner bagi siswa. Berdasarkan hasil penelitian uji coba skala kecil didapat presentase dari evaluasi ahli penjas sebesar 78%, dari evaluasi ahli pembelajaran satu sebesar 86% dan dari evaluasi ahli pembelajaran ke dua sebesar 82%. Rata-rata dari penelitian uji coba skala kecil di dapat 82% (baik). Hasil penelitian uji coba skala besar didapat presentase daril evaluasi ahli penjas sebesar 86%, dari evaluasi ahli pembelajaran satu sebesar 92% dan dari evaluasi ahli pembelajaran ke dua sebesar 88%. Rata-rata dari penelitian uji coba skala besar di dapat 88% (baik). Hasil dari penilaian uji coba skala kecil dan dari uji coba skala besar memiliki peningkatan dengan selisih 6,6%. Dari hasil penelitian uji coba skala kecil rata-rata kuesioner siswa didapat presentase sebesar 88,5% (baik). Sedangkan hasil penelitian uji coba skala besar rata-rata kuesioner siswa didapat presentase sebesar 92% (sangat baik). Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan maka alat ball Holder ini telah memenuhi kriteria baik. Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Alat Ball Holder dinyatakan layak untuk Pembelajaran Servis Atas dan Smash Bola Voli Pada Siswa Kelas V SD Negeri Poncol 02 Pekalongan. Saran dari peneliti yaitu: (1) bagi guru dapat melaksanakan dan mempraktikkan pembelajaran menggunakan ball holder pada saat proses pembelajaran bola voli; (2) bagi siswa sebagai inovasi pembelajaran bola voli agar teknik dasar bola voli dapat meningkat
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Ball Holder, servis atas dan smash, voli |
Subjects: | O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 ) O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 17 Oct 2017 19:16 |
Last Modified: | 17 Oct 2017 19:16 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26813 |
Actions (login required)
View Item |