KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN PRAKTIKUM BERBASIS GUIDED-INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN LABORATORIUM DAN HASIL BELAJAR SISWA


Anis Qori Aeni , 4301412021 (2016) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN PRAKTIKUM BERBASIS GUIDED-INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN LABORATORIUM DAN HASIL BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301412021.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SMA Negeri 10 Semarang, proses pembelajaran kimia masih didominasi dengan metode ceramah, kegiatan siswa cenderung hanya mencatat dan mendengarkan guru, kurang terciptanya pembelajaran yang aktif, serta jarang melakukan kegiatan laboratorium. Keadaan ini menyebabkan siswa kurang berpartisipasi aktif dalam mengikuti pembelajaran dan menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa yang berdampak terhadap prestasi belajar siswa. Pembelajaran dengan praktikum berbasis guided-inquiry dapat diterapkan sebagai solusi pembelajaran yang membuat peserta didik aktif dalam belajar serta mendapat bimbingan untuk menemukan jawaban dari permasalahan yang di alami dan menguatkan aktivitas keterampilan laboratorium sehingga akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran praktikum berbasis guided-inquiry terhadap keterampilan laboratorium dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA SMA Negeri 10 Semarang tahun ajaran 2015/2016. Sampel yang dipilih dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik purposive sampling. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah materi koloid. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, tes, observasi, dan angket. Data hasil penelitian dianalisis dengan metode statistika inferensial dan di uji hipotesis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata dan uji ketuntasan klasikal. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar ranah afektif, psikomotorik, dan keterampilan laboratorium siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Ketuntasan hasil belajar klasikal kelas eksperimen sebesar 80,56% sedangkan pada kelas kontrol sebesar 57,14%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran praktikum berbasis guided-inquiry efektif terhadap keterampilan laboratorium dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: guided-inquiry, hasil belajar, keefektifan, keterampilan laboratorium, pembelajaran praktikum.
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 17 Oct 2017 19:05
Last Modified: 17 Oct 2017 19:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26812

Actions (login required)

View Item View Item