PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SEPAK BOLA MELALUI PERMAINAN 3 IN 1 FOOT BALL PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2015
Muhammad Fadil Shahab , 6101411044 (2015) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SEPAK BOLA MELALUI PERMAINAN 3 IN 1 FOOT BALL PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah kurang berkembangnya proses pembelajaran permainan bola besar khususnya permainan sepak bola di sekolah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengembangan model pembelajaran sepak bola melalui permainan 3 in 1 football pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Pekalongan? Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan model permainan 3 in 1 football dalam pembelajaran sepak bola. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan Pengembangan Model Pembelajaran Sepak Bola Melalui Permainan 3 IN 1 Football Pada Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas 2 Pekalongan Tahun Pelajaran 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dari Borg and Gall, prosedur penelitian: (1) Analisis Kebutuhan yang didapat dari observasi awal dilapangan dan kajian pustaka, (2) Pembuatan Produk Awal, mulai rancangan produk awal dari analisis kebutuhan, (3) Tinjauan Ahli, revisi yang dilakukan pada produk awal diperoleh dari ahli pembelajaran dan ahli penjas, (4) Revisi produk awal berdasarkan hasil dari evaluasi ahli penjas dan ahli pembelajaran, (5) uji coba lapangan, (6) revisi produk akhir yang akan dilakukan berdasarkan hasil uji coba lapangan, (7) hasil akhir berupa permainan 3 IN 1 Football yang telah diuji cobakan pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Pekalongan. Hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu 90% (baik), pembelajaran 94% (sangat baik). Uji coba skala kecil 62,1% (cukup), uji coba skala besar 87,55% (sangat baik). Hasil penilaian aspek kognitif, psikomotorik dan afektif uji coba skala kecil dan uji coba skala besar meningkat dengan selisih 25,45% karena dengan adanya pemberian materi yang lebih jelas dan peraturan yang lebih mudah di pahami , maka permainan ini telah memenuhi kriteria baik.. Kesimpulan dalam penelitian data ini yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Model Pembelajaran Sepak Bola Melalui Permainan 3 IN 1 Foot Ball Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Pekalongan Tahun Pembelajaran 2015 dapat digunakan untuk siswa kelas X SMA N 2 Kota Pekalongan tahun pelajaran 2015. Saran bagi guru penjas di Sekolah yaitu agar permainan 3 IN 1 Foot Ball dapat digunakan sebagai alternativ dalam pembelajaran permainan bola besar dalam aktivitas penjas khususnya pembelajaran sepak bola, selain itu diharapkan guru memberi penjelasan pada siswa mengenai peraturan dan cara bermain agar permainan tetap aman dan jauh dari resiko cidera
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, Sepak Bola, Permainan 3 IN 1 Football |
Subjects: | O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 ) O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 17 Oct 2017 18:51 |
Last Modified: | 17 Oct 2017 18:51 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26811 |
Actions (login required)
View Item |