PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM SISWA BERBASIS INVESTIGASI SEDERHANA MATERI HIDROLISIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA


Nurmalia ‘Azmi , 4301412020 (2016) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM SISWA BERBASIS INVESTIGASI SEDERHANA MATERI HIDROLISIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301412020.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepraktisan, kelayakan dan keefektifan LKPS berbasis investigasi sederhana untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hidrolisis. Prosedur penelitian pengembangan LKPS berbasis investigasi sederhana mengadopsi langkah-langkah penelitian dari Thiagarajan. Kepraktisan media pada uji coba skala kecil untuk angket tanggapan siswa mendapatkan skor rata-rata 40,5 berada pada kriteria sangat praktis dengan nilai reliabilitas 0,7352. Angket tanggapan guru pada uji coba skala kecil memiliki rata-rata penilaian 42.5 berada pada kriteria sangat praktis. Uji coba skala besar untuk tanggapan siswa dilakukan mendapatkan skor rata–rata 43.9 berada pada kriteria sangat praktis dengan nilai reliabilitas sebesar 0.7003. Angket tanggapan guru yang diberikan pada uji coba skala besar memiliki nilai rata-rata 46.5 dan berada pada kriteria sangat praktis. Kelayakan media LKPS divalidasi oleh pakar media dan pakar materi, masing-masing 3 orang. Penilaian dari pakar materi memperoleh skor ratarata penilaian 58,3 yang berada pada kriteria sangat layak. Sedangkan penilaian dari pakar media memperoleh skor rata-rata 42,3 yang berada pada kriteria sangat layak. Keefektifan media LKPS dapat dilihat dari hasil belajar siswa ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan. Peningkatan hasil belajar ranah pengetahuan siswa dengan perhitungan N-Gain didapatkan nilai peningkatan sebesar 0,68 dengan kriteria sedang. Hasil belajar ranah sikap dan keterampilan dari 4 pertemuan menghasilkan peningkatan pada setiap pertemuan. Kesimpulannya adalah bahwa pengembangan LKPS berbasis Investigasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi konsep hidrolisis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Investigasi; LKPS; Hasil Belajar; Hidrolisis
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 17 Oct 2017 16:43
Last Modified: 17 Oct 2017 16:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26808

Actions (login required)

View Item View Item