PENGEMBANGAN MEDIA CHEMIC BERBANTUAN LKS BERBASIS PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI KONSEP REDOKS


Suci Larasati , 4301412019 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA CHEMIC BERBANTUAN LKS BERBASIS PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI KONSEP REDOKS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301412019.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji kelayakan dan keefektifan media Chemic Berbantuan LKS berbasis PBL pada materi konsep redoks. Kelayakan media dapat dinilai dari angket tanggapan siswa, tanggapan guru, penilaian pakar media dan materi. Uji skala kecil dilakukan dengan memberikan angket tanggapan siswa pada 30 orang siswa kelas XC dan mendapatkan skor rata – rata 42.46 (sangat layak) . Uji coba skala besar dilakukan pada 40 siswa kelas XB dengan rata – rata skor 44.42 (sangat layak). Angket tanggapan guru yang diberikan pada uji coba skala besar memiliki nilai rata – rata 43(sangat layak). Pakar materi 1 memberikan skor 38 (layak), pakar materi 2 dan 3 memberikan skor berturut - turut 42 dan 44 (sangat layak). Pakar media 1, 2 dan 3 memberikan skor berturut – turut 58, 56 dan 56 (sangat layak). Keefektifan media Chemic Berbantuan LKS berbasis PBL dapat dinilai dari hasil belajar siswa ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Hasil belajar siswa ranah kognitif dengan perhitungan N-Gain didapatkan nilai peningkatan sebesar 0,69 (kriteria sedang). Hasil belajar ranah afektif dan psikomotorik dari 3 pertemuan menghasilkan peningkatan pada setiap pertemuan. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pengembangan Chemic Berbantuan LKS berbasis PBL dapat layak dan efektif serta meningkatkan hasil belajar siswa materi konsep redoks.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Chemic, Hasil Belajar , PBL.
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 17 Oct 2017 16:39
Last Modified: 17 Oct 2017 16:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26807

Actions (login required)

View Item View Item