PENGEMBANGAN LABORATORIUM VIRTUAL MATERI LARUTAN PENYANGGA DAN HIDROLISIS BERBANTU MEDIA FLASH


Angling Harindana , 4301412012 (2016) PENGEMBANGAN LABORATORIUM VIRTUAL MATERI LARUTAN PENYANGGA DAN HIDROLISIS BERBANTU MEDIA FLASH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301412012.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu strategi pembelajaran kimia yang baik adalah penerapan model pembelajaran berbasis praktikum. Akan tetapi, fakta di lapangan menunjukkan tidak semua sekolah memiliki perlengkapan laboratorium yang memadai untuk diadakan pembelajaran praktikum. Laboratorium virtual merupakan alternatif ketika kondisi laboratorium nyata tidak memungkinkan untuk dilaksanakan praktikum. Laboraturium virtual merupakan simulasi dari alat, bahan, dan langkah kerja pada laboratorium nyata melalui program di dalam komputer. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan, keefektifan, dan tanggapan siswa dan guru terhadap laboratorium virtual dikembangkan. Desain penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan mengikuti model 3-D yaitu Define, Design and Develop. Hasil analisis data diperoleh rerata skor validasi isi media mencapai 56 dengan kriteria sangat layak, sedangkan untuk validasi media diperoleh rerata skor 53,25 dengan kriteria sangat layak. Laboratorium virtual dinyatakan efektif berdasarkan analisis data hasil pretest-posttest untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa, diperoleh hasil N-gain sebesar 0,499 kategori sedang. Selain itu, data angket menunjukkan bahwa media laboratium virtual dinyatakan mendapat respon baik dari siswa serta guru. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa laboratorium virtual materi larutan penyangga dan hidrolisis berbantu media flash dinyatakan layak, efektif, dan mendapat respon positif dari siswa serta guru sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran kimia. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan yang terdapat pada media diantaranya perlu ditambahkan petunjuk media dalam bentuk suara/audio untuk mendapatkan hasil penelitian yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: laboratorium virtual; media flash; pemahaman konsep.
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 17 Oct 2017 12:37
Last Modified: 17 Oct 2017 12:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26806

Actions (login required)

View Item View Item