PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PROYEK BERPENDEKATAN VISUAL, AUDITORI, DAN KINESTHETIK DENGAN PRODUK STORYBOARD UNTUK SISWA SMA


Wilis Okti Pamungkas , 4301412010 (2016) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PROYEK BERPENDEKATAN VISUAL, AUDITORI, DAN KINESTHETIK DENGAN PRODUK STORYBOARD UNTUK SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301412010.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dikatakan berhasil dan berkualitas apabila sebagian besar siswa baik siswa visual, auditori, dan kinesthetik aktif dalam proses pembelajaran dan hasil belajar minimal pada kriteria baik. Hasil observasi dan wawancara dengan guru kimia menunjukkan bahwa sebagian besar siswa pasif selama proses pembelajaran. Siswa akan aktif apabila ada penilaian yang menyertai aktivitasnya, sehingga perlu dikembangkan instrumen penilaian proyek pada pembelajaran kimia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas, reliabilitas, keefektifan dan kepraktisan instrumen penilaian proyek. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model 4D yang dimodifikasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA N 10 Semarang. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri atas instrumen penilaian proyek, instrumen penilaian hasil belajar dan angket tanggapan. Validitas dianalisis secara deskriptif, reliabilitas dianalisis dengan Alpha Cronbach, efektivitas dengan menganalisis hasil penilaian proyek dan penilaian hasil belajar, kepraktisan instrumen dianalisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian proyek valid dengan rerata penilaian ahli 3.38 dan reliabel dengan nilai koefisien reliabilitas 0.72. Instrumen penilaian proyek efektif digunakan dalam pembelajaran karena rerata hasil penilaian proyek dan penilaian hasil belajar minimal dengan kriteria baik serta adanya peningkatan N-gain dengan kategori tinggi untuk siswa visual, siswa auditori, dan siswa kinesthetik. Instrumen penilaian proyek yang dikembangkan praktis dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian proyek yang dikembangkan valid, reliabel, efektif, dan praktis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Proyek, Visual, Auditori, dan Kinesthetik, Storyboard.
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 17 Oct 2017 12:34
Last Modified: 17 Oct 2017 12:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26805

Actions (login required)

View Item View Item