PENGARUH PENERAPAN PROBLEM BASED-INSTRUCTION BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS GUIDED INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR


Nofiyanti , 4301412009 (2016) PENGARUH PENERAPAN PROBLEM BASED-INSTRUCTION BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS GUIDED INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301412009.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kimia merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa. Salah satu kesulitannya yaitu memahami konsep yang ada dan mengaitkannya dengan kehidupan. siswa lebih suka belajar secara pasif dengan mendengarkan penjelasan dari guru. Hal ini berakibat pada hasil belajar dan keaktifan siswa yang masih rendah sehingga diperlukan pembelajaran dengan model problem basedinstruction berbantuan lembar kerja siswa berbasis guided inquiry. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan adanya pengaruh pembelajaran problem basedinstruction berbantuan lembar kerja siswa berbasis guided inquiry terhadap hasil belajar siswa SMA N 1 Pekalongan dan menentukan besarya pengaruh yang ditimbulkan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan post test only control group design. Kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA SMA N 1 Pekalongan. Pengambilan sampel didapat kelas XI MIPA 5 dan XI MIPA 4 masing-masing sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, observasi, tes, dan angket. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata post test kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol dengan thitung (2,51) > ttabel (1,67). Pembelajaran problem based-instruction berbantuan lembar kerja siswa berbasis guided inquiry berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan rb sebesar 0,37 dan koefisien determinasi sebesar 13,90 %. Hasil belajar afektif kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol pada aspek tanggung jawab, disiplin, dan aktif sedangkan aspek santun lebih tinggi kelas kontrol. Hasil belajar psikomotor kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol pada semua aspek.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: guided inquiry, hasil belajar, problem based-instruction
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 17 Oct 2017 12:31
Last Modified: 17 Oct 2017 12:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26804

Actions (login required)

View Item View Item