PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BBL (BRAIN-BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA


Izza Ratna Kumala , 4301412007 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BBL (BRAIN-BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301412007.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan literasi sains siswa dengan menggunakan model BBL. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa SMA Negeri 3 Pekalongan kelas XI MIPA semester genap. Berdasarkan perhitungan uji chi-kuadrat populasi berdistribusi normal. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan pengambilan sampel ditentukan secara sampling purposive. Setelah penerapan model BBL menunjukkan rata-rata peningkatan kemampuan literasi sains dari empat aspek yang dimiliki kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil perhitungan N-gain pada kelas eksperimen diperoleh aspek konteks dan konten sebesar 0,56 dengan kategori sedang, aspek kompetensi yang terdiri dari kompetensi 1 sebesar 0,70 dengan kategori tinggi, kompetensi 2 sebesar 0,67 dengan kategori sedang, dan kompetensi 3 sebesar 0,64 dengan kategori sedang serta sikap sains yang terdiri dari sikap sains 1 memiliki persentase sebesar 77% dengan kriteria baik, sikap sains 2 sebesar 77% dengan kriteria baik, dan sikap sains 3 sebesar 89% dengan sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model BBL dapat meningkatkan kemampuan literasi sains karena dapat memaksimalkan penggunaan otak kiri dan kanan. Otak kiri digunakan pada aspek konten dan aspek kompetensi sedangkan otak kanan digunakan untuk menggambarkan secara visual dari informasi yang didapatkan sehingga dapat mengembangkan kemampuan imajinasi dan kreativitas siswa yang kemudian akan mempengaruhi sikap yang ditimbulkan. Penggunaan otak kanan secara maksimal ini ditandai dengan tersimpannya pengetahuan pada long term memory sehingga siswa tidak mudah lupa dan penerapan BBL ini selain dapat memaksimalkan penggunaan otak kanan dan kiri, juga dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa serta mampu menumbuhkan semangat siswa untuk belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Literasi Sains, Brain-Based Learning.
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 17 Oct 2017 12:24
Last Modified: 17 Oct 2017 12:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26802

Actions (login required)

View Item View Item