PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS INVESTIGASI SEDERHANA PADA MATERI SISTEM KOLOID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI


Faizal Abda Ashari , 4301412006 (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS INVESTIGASI SEDERHANA PADA MATERI SISTEM KOLOID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301412006.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis investigasi yang layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Pengembangan dilakukan dengan model 4-D (four D), meliputi tahapan define, design, develop, dan dissemination. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi, tes metakognisi, angket penilaian metakognisi, penilaian diskusi, angket respon siswa, dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil validasi produk pengembangan bahan ajar untuk aspek kelayakan media mendapat persentase skor 88,75%, dan aspek kelayakan materi mendapat persentase skor 87,92%. Keefektifan bahan ajar ditinjau dari adanya kenaikan nilai tes metakognisi dengan indeks gain sebesar 0,42 yang termasuk dalam kriteria sedang. Rata-rata penilaian diskusi dan penilaian metakognisi menunjukkan hasil yang baik. Respon positif ditunjukkan siswa terhadap bahan ajar dengan 9 siswa menyatakan bahan ajar sangat baik dan 22 siswa menyatakan bahan ajar baik. Tahapan-tahapan yang dilakukan siswa pada pembelajaran investigasi dapat melatih kemampuan metakognisi siswa sehingga kemampuan metakognisi siswa dapat berkembang. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis investigasi layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Investigasi, Metakognisi
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 17 Oct 2017 12:13
Last Modified: 17 Oct 2017 12:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26801

Actions (login required)

View Item View Item